ikut bergabung

Unifa Masuk Daftar PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Pendidikan

Unifa Masuk Daftar PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Performa Universitas Fajar (Unifa) Makassar makin membanggakan. Peringkatnya juga semakin bagus.

Data terbaru, universitas yang dahulu bernama STIKOM Fajar itu berhasil masuk daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Itu berdasarkan pemeringkatan Webometrics Rank 2021. Webometrics merupakan organisasi pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang telah dilakukan sejak Juli 2012.

Pada periode Juli 2021, Unifa berada di peringkat 108 universitas di seluruh Indonesia. Sementara bila di Indonesia Timur, Unifa masuk kampus swasta terbaik kedua. Diatasnya ada Universitas Muslim Indonesia dengan peringkat 98 versi Webometrics.

Rektor Unifa Makassar, Dr Mulyadi Hamid menyatakan hasil ini adalah kesyukuran untuk seluruh civitas akademika. Ia berharap pencapaian ini bisa menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Saya sangat bersyukur atas pencapaian ini. Sekaligus berterima kasih kepada seluruh civitas akademika dan karyawan atas kerja kerasnya sehingga bisa terus memperbaiki peringkat Unifa,” ungkap Mulyadi.

Ia menambahkan capaian ini tidak lepas dari kinerja publikasi dosen dan aktivitas digital yang memang semakin dimassifkan.

“Karena salah satu program transformasi Unifa. Ini sekaligus sebagai kado istimewa bagi milad Unifa ke 13 pada tanggal 8 Agustus nanti,” kata kolumnis Harian FAJAR Makassar itu.

Rektor mengungkapkan, dari versi Webomatrics, Unifa berada di 32 terbaik PTS (Perguruan Tinggi Swasta) seluruh Indonesia. Dengan ranking 108 seluruh PT (perguruan tinggi) di Indonesia, termasuk PTN.

Baca Juga :   Tangkal Covid 19, Unhas dan UINAM Berlakukan Kuliah Online

“Kita memang berupaya mendorong semua dosen meningkatkan publikasi ilmiahnya dan meningkatkan citasi artikel ilmiah yang menjadi salah satu indikatir penting webometrics. Di samping itu selalu kita upayakan untuk menggunakan platform digital dalam berkomunikasi dengan semua stakeholders,” pungkas mantan komisioner Ombudsman Makassar itu.

Apa saja jriteria penilaian yang digunakan oleh Webometrics?

Dilansir laman Webometrics, ada 4 indikator yang digunakan dalam penilaian untuk pemeringkatan PTS dan PTN:

1. Presence (bobot 5%) Kriteria ini merupakan jumlah halaman website dari domain web utama–termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi. Sumbernya dari Google.

2. Visibility (bobot 50%) Visibility merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian nilai rata-rata). Sumber datanya dari Ahrefs Majestic.

dibaca : 67

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Pendidikan


Populer Minggu ini

Arsip

To Top