ikut bergabung

Waspada Bertransaksi Daring, Amankan Data Penting

Nasional

Waspada Bertransaksi Daring, Amankan Data Penting

KOLAKA,UJUNGJARI.COM – Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” kali ini membahas tema “Lindungi Diri, Pahami Fitur Keamanan Digital”. Kegiatan ini secara virtual pada 18 Agustus 2021 di Kolaka, Sulawesi Tenggara dan diikuti oleh 673 peserta dari berbagai kalangan umur dan profesi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo. Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi.

Program kali ini dipandu oleh Alfian Rahardian Afif sebagai moderator dan menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari Business Development Online, Ex-Traveloka dan Midtrans, Sarah Lolita Simanjuntak; Wakil Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Eko Prasetya; kreator konten digital, Amanda Karina; serta Kadis Kominfo Kolaka, I Nyoman Suastika. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Acara dimulai dengan sambutan berupa video dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyalurkan semangat literasi digital untuk kemajuan bangsa. “Infrastruktur digital tidak berdiri sendiri. Jadi, saat jaringan internet sudah tersedia, harus diikuti dengan kesiapan-kesiapan pengguna internetnya agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif,” kata Presiden.

Pemateri pertama adalah Sarah yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Tips dan Trik Bertransaksi Digital dengan Mudah dan Aman”. Menurut dia, di tengah digitalisasi yang kian pesat dalam berbagai aspek kehidupan, masyarakat pengguna teknologi harus semakin waspada dengan meningkatkan pengetahuan tentang data yang harus dilindungi.

Baca Juga :   Gelar UMi Youthpreneur, PIP Lihat Potensi Pembiayaan UMi Generasi Muda Masih Luas

Berikutnya, Eko menyampaikan materi etika digital berjudul “Memahami Aturan Bertransaksi di Dunia Digital”. Ia mengatakan, dalam bertransaksi secara daring, cermatilah kebijakan situs terhadap data pribadi konsumen, perhatikan ulasan konsumen dan keamanan situs, serta simpan bukti transaksi. “Jagalah keamanan data dan transaksi digital anda,” pesannya.

Sebagai pemateri ketiga, Amanda membawakan tema budaya digital tentang “Cara dan Legalitas Bayar Tagihan Daring”. Menurut dia, legalitas transaksi digital mencakup perlindungan hukum berdasarkan perjanjian, UU Perlindungan Konsumen, dan alat bukti elektronik. Sementara agar aman membayar tagihan daring, pastikan hanya mentransfer ke rekening resmi, periksa nama dan nominal, hindari layanan ilegal, serta jaga kerahasiaan informasi tagihan.

dibaca : 41

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top