ikut bergabung

Prof Husain Syam Optimis Mahasiswa Pascasarjana UNM Bisa Jadi Petarung Unggul

Pendidikan

Prof Husain Syam Optimis Mahasiswa Pascasarjana UNM Bisa Jadi Petarung Unggul

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Rektor UNM, Prof.Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng. dalam pidato Penyambutan Mahasiswa Baru Program Passcasarjana tahun akademik 2021/2022 sekaigus menyampaikan inspirasi akademik di depan sekitar 1.398 orang baik secara daring maupun luring pada Senin, 30 Agustus 2021.

Prof Husain Syam yang kini dikenal pulan dengan panggilan PHS memberi inspirasi akademik dengan menyemangati mahasiswa bahwa kuliah di PPs UNM sangatlah terhormat karena banyak alumni PPs, terutama program doktor, akan menjadi petarung hebat di ruang publik.

“Banyak alumni program doktor setelah menjalani pendidikan di PPs UNM berhasil menjadi petarung unggul, sebutlah Akbar Faisal, Aslam Patonangi, Syamsu Rizal, dan masih banyak lagi lainnya,” ungkap Guru Besar Teknologi Pertanian FT UNM.

Mantan Dekan FT UNM dua periode menjelaskan bahwa proses perkuliahan di PPs UNM harus berjalan dengan dua pola, yaitu daring dan luring. Dengan pola ini, kata Prof. Husain Syam, memungkinkan terbukanya penerimaan mahasiswa lebih fleksibel.

Secara terus-menerus, lanjut Rektor UNM, menerima mahasiswa program doktor jalur penelitian (riset). Bagi pejabat atau praktisi yang telah memprakrikkan teori tidak perlu lagi diberi kuliah.

Mahasiswa program doktoral via riset hanya mengajukan gagasan, proposal, dan penelitian. Hasil riset akan disampaikan dalan forum ilmiah.

Karena itu, dibuka ruang bagi pejabat publik untuk menempuh pendidikan doktor tanpa perkuliahan. PPs UNM menjalankan program ini berdasarkan hasil telaah di berbagai perguruan tinggi luar negeri sehingga kami sangat membutuhkan progam ini. Selain itu, banyak permintaan masyarakat.

Rektor UNM berpesan agar proses akademik di PPs harus berjalan lancar. Tidak boleh ada proses yang menghambat penyelesain studi. Saat ini, tegas Prof Husain Syam, keberhasilan tidak semata diukur dari segi akademik dan intelektual.

Rektor UNM dua periode menjelaskan, UNM telah banyak meraih prestasi. UNM telah terakreditasi unggul. Dosen meraih banyak skim penelitian. Alumni UNM peringkat ke-8 sebagai alumni yang meluluskan menjadi Calon Aparatus Sipil Negara dan terbaik ke-1 di Indonesia Timur di luar Pulau Jawa.

“Saya mengajak semua mahasiswa untuk bangga menjadi bagian dari UNM. Jangan pernah menyesal. Keputusan memilih UNM merupakan keputusan yang tepat. Kami menjamin Anda bisa menjadi petarung yang memenangi kompetisi,” ajak Prof. Husain Syam.

Rektor menambahkan pihaknya bangga karena alumni IKIP/UNM sudah bisa menegakkan kepala di berbagai dunia profesi dan pekerjaan.

“Kami telah sanggup mendobrak UNM dari zona tidak nyaman menjadi nyaman sehingga UNM semakin banyak dilirik masyarakat,” katanya.

Prof Husain Syam menyematkan pemasangan baju jas almamater pps unm kepada perwakilan program doktor dan magister sebagai tanda penerimaan mahasiswa di PPs UNM tahun akademik 2021/2022. Dalam penyematan baju almamater, Pak Rektor didampingi direktur dan para wakil direktur PPS UNM.

Dalam acara penyambutan penerimaan mahasiswa baru PPs UNM tahun akademik 2021/2022, dihadiri para wakil rektor, para dekan, ketua lembaga, ketua prodi S-2 dan S-3 dalam lingkungan UNM.

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top