ikut bergabung

Senator Lily Amalia Terisak Saat Ungkap Banyaknya Warga Toraja yang Tewas Ditembak OPM

Nasional

Senator Lily Amalia Terisak Saat Ungkap Banyaknya Warga Toraja yang Tewas Ditembak OPM

MAKALE, UJUNGJARI.COM–Rentetan kasus kekerasan yang dialami warga Toraja oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua mengundang keprihatinan senator asal Sulsel, Lily Amalia Salurapa.

Senator kelahiran Toraja itu terisak saat menyampaikan beberapa insiden yang melanda warga Toraja di ruang rapat dengar pendapat di Komite I DPD RI, Rabu (22/9). RDP dihadiri langsung Mendagri, Tito Karnavian dan beberapa dirjen Kemdagri.

Meski tidak kuat menahan air mata, Lily dengan nada terbata-bata berusaha menyuarakan nasib warga Toraja di perantauan menjadi korban kebrutalan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua maupun aksi terorisme di Poso, Sulawesi Tengah.

Lily menguraikan beberapa warga Toraja baik yang berprofesi sebagai guru, tenaga kesehatan, maupun petani menjadi korban kebrutalan KKB Papua dan aksi terorisme di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Ia meminta pemerintah mengambil langkah tegas untuk menghentikan konflik di Papua dan Poso.

“Sampai kapan warga Toraja tenang dan aman di perantauan baik masa sekarang maupun akan datang. Sampai kapan berakhir masyarakat Toraja mengalami aksi kekerasan dan pembunuhan,” kata Lily Amelia.

Anggota DPRD Tana Toraja DR Kristian HP Lambe, Kamis (23/9) mengapreasi keberanian senator Lily Amelia Salurapa mengungkapkan fakta sosial terjadi di Papua dan Poso korbankan etnis Toraja. Ia berharap pemerintah segera merespons dan mengambil langkah kongkrit mengatasi konflik di Tana Papua dan Poso. (agus).

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top