ikut bergabung

Peringati Hari Tani, DM Ikut Panen Kentang di Malino

PANEN. Darmawangsyah Muin saat ikut panen kentang G-Nol di Pattapang, Malino. (foto/ist)

Sulsel

Peringati Hari Tani, DM Ikut Panen Kentang di Malino

GOWA, UJUNGJARI.COM — Hari Tani Nasional diperingati para petani dengan sederhana. Rerata para petani memaknai hari peringatan tani itu dengan panen. Seperti dilakukan para petani sayuran di Pattapang, Kelurahan Malino, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sabtu (25/9/2021) siang.

Mereka memanen kentang. Panen kentang ini diakui para petani menjadi istimewa sebab hadir dan ikut memanen adalah Darmawangsyah Muin (DM), Wakil Ketua DPRD Sulsel.

Kehadiran politisi Partai Gerindra ini menjadi motivasi tersendiri bagi petani kentang di Pattapang. DM datang mengendarai sepeda motor langsung dari kediamannya di Sungguminasa ke ladang kentang di Pattapang tersebut.

Para petani seperti dikatakan Haerul (salah seorang petani kentang setempat) mengaku salut dan bangga atas sosok DM yang akrab disapa Bang Wawan ini. Pasalnya, DM langsung berbaur mengambil umbi kentang dari dalam tanah dengan tangannya.

DM datang disertai Sekretaris DPC Partai Gerindra Gowa dan beberapa politis Gerindra lainnya. Masyarakat petani pun menyambut kedatangannya dengan sukacita.

” Saya datang dan sengaja ikut panen kentang ini dalam rangka hari tani nasional dan juga sebagai bentuk support terhadap para petani, ” kata Darmawangsyah Muin mengenakan kaos hitam dan topi ala koboi.

Sambil panen, DM juga mendengarkan ungkapan-ungkapan petani yang diakui petani bahwa potensi komoditi kentang ini cukup menjanjikan terlebih jika jenis benih yang ditanam adalah benih GO (G-Nol).

Haerul menjelaskan bahwa kentang komoditi G-Nol ini merupakan varietas hasil perbanyakan dari kelas benih penjenis (BS) diklasifikasikan sebagai benih dasar (BD) dan merupakan benih kentang generasi ke 0 yang diperbanyak dari benih penjenis.

” Perbanyakannya harus di rumah kasa kedap serangga dan sebagai jaminan mutu G-Nol harus bebas patogen dan murni varietasnya, ” jelas Haerul. –

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top