ikut bergabung

Dewan Pendidikan Makassar Godok Model Pembelajaran Tatap Muka

Makassar

Dewan Pendidikan Makassar Godok Model Pembelajaran Tatap Muka

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM–Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menggodok model kurikulum pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi menyusul rencana pemerintah kota Makassar yang akan segera membuka sekolah luring.

Model PTM itu akan dibahas dalam Focuss Group Discussion (FGD) yang akan digelar di Kantor DPKM, Selasa, 28 September. FGD dihadiri langsung Wakil Walikota Makassar, Hj Fatmawati Rusdi. FGD dipandu Aminuddin Tarawe, anggota Dewan Pendidikan Makassar.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo mengatakan FGD akan membahas beberapa alternatif model pembelajaran yang cocok digunakan dalam sekolah tatap muka di masa pandemi. Karenanya dalam FGD itu, DPKM mengundang perwakilan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan pakar pendidikan dari Universitas Negeri Makassar.

“Semua kalangan sudah mengingkan sekolah tatap muka. Apalagi Makassar kini sudah berada di PPKM Level 2 yang memungkinkan dilakukan sekolah tatap muka,” kata Rudianto Lallo.

Secara khusus Ketua DPRD Makassar itu juga mengapresiasi kehadiran langsung Wakil Walikota Makassar, Hj Fatmawati Rusdi dalam FGD ini. Apalagi Wakil Walikota Makassar juga dikenal sebagai ketum tim persiapan sekolah tatap muka.

Fatma dalam arahannya mengatakan sekolah tatap muka akan dimulai awal Oktober mendatang. Menurut dia, pembelajaran tatap muka belum dilakukan serempak tetapi diuji coba lebih dahulu di beberapa sekolah.

“Ada 30 sekolah yang disiapkan untuk uji coba sekolah tatap muka ini. Dinas Pendidikan sedang melakukan update verifikasi persiapan sekolah untuk penyelenggaraan pembelajaran tatap muka ini,” kata Fatma.

Baca Juga :   Reuni IPM Sidrap, Ini Harapan Wakil Ketua DPRD Sulsel

Pakar pendidikan UNM, Dr Nurhikmah memberikan beberapa model pembelajaran di masa pandemi ini. Salah satunya blended learning atau penggabungan sekolah offline dan sekolah online.

“Jika syarat sekolah tatap muka hanya 50 persen peserta didik, maka 50 persen siswa lainnya tentu akan belajar secara online,” kata Ketua Prodi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNM itu.

Nurhikmah mengatakan sebelum menetapkan sekolah tatap muka, Dinas Pendidikan atau sekolah perlu mengidentifikasi siswanya yang mau online dan yang setuju offline. Menurut dia, tidak semua siswa mau dan memiliki perlengkapan untuk sekolah online.

“Begitu juga dengan guru, harus diidentifikasi guru yang mau mengajar online dan offline,” kata Hikmah.

Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Makassar, Pantja Nurwahidin setuju dengan ide Nurhikmah. Ia mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan model pembelajaran blended itu untuk jenjang SMP.

dibaca : 10

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar

Populer Minggu ini

Arsip

To Top