ikut bergabung

Gowa Akan Jadi Pusat Pendidikan Pembinaan Atlet Bulutangkis Sulsel

ATLET. Saat Kadispora Sulsel Andi Arwin melakukan audiens ke Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan terkait pembentukan wadah pelatihan atlet bulutangkis yakni PPLPD di Gowa nantinya. (foto/ist)

Olahraga

Gowa Akan Jadi Pusat Pendidikan Pembinaan Atlet Bulutangkis Sulsel

GOWA, UJUNGJARI.COM — Kabupaten Gowa bukan hanya sebagai daerah penyanggah kota metro Makassar di Sulawesi Selatan untuk sektor ekonomi, namun Gowa ini merupakan wilayah yang dinilai istimewa untuk pengembangan dan pembinaan olahraga dan atlet bulutangkis.

Hal ini menjadi bidikan bagi Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Sulsel dimana Gowa akan dijadikan sebagai tempat penempaan, pendidikan dan pelatihan bagi para atlet bulutangkis di Sulsel. Gowa adalah satu dari empat kabupaten di Sulsel yang masuk sebagai nominasi untuk pembentukan Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel Andi Arwin Azis, Senin (7/11) siang saat menemui Bupati Gowa di ruang kerjanya. Menurut mantan Kabag Umum Setkab Gowa ini, saat ini Sulsel memang lagi fokus pada pengembangan cabor bulutangkis dimana bibit-bibit atlet bulutangkis mendominasi peminatnya di kalangan mayarakat khususnya tingkat pelajar.

” Dispora provinsi punya program pengembangan atlet bulutangkis ini dan akan dilakukan pembentukan PPLPD tersebut. Dan unmntuk menjalankan program PPLPD ini, kami sangat membutuhkan dukungan dari daerah dalam hal pengembangan dan pembinaan atlet bulutangkis ini. Makanya, kami membangun kolaborasi dengan kabupaten/kota yang menjadi sumber talenta atlet, dengan spesifikasi usia belajar dan usia dini, ” jelas Andi Arwin.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah Sulsel mendapat amanah dari Kemenpora untuk menjadi sentra pembinaan olahraga. Ada empat cabor yang masuk dalam sentra pembinaan Kemenpora yakni karate, bulutangkis, pencak silat dan atletik.

” Setelah kami menganalisis potensi-potensi wilayah di Sulawesi Selatan, akhirnya untuk pengembangan bulutangkis ini kami pilih Gowa. Sementara untuk pencak silat kami pilih Bantaeng, karate di Makassar dan untuk atletik kami pilih Luwu Utara, ” sebut Andi Arwin.

Terkait rencana ini, Andi Arwin mengaku sudah mendapatkan respon dan dulungan penuh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

” Nantinya dalam PPLPD ini akan berkontribusi untuk pembinaan para atlet bulutangkis yang nantinya dilanjutkan pembinaannya ke PPLP Provinsi Sulawesi Selatan. Alhamdulillah Pak Bupati Gowa sangat mendukung. Jenjang pengembangannya nanti yakni dibentuk melalui lembaga atau pola pembinaan yang diberi nama PPLPD Gowa ini. Dari sini nanti akan berkontribusi kembali ke jenjang pembinaan lebih diatas yakni ke PPLP Provinsi Sulsel,” terang Arwin.

Terkait ini Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyatakan dukungannya terhadap program PPLPD ini. Mengingat memang Kabupaten Gowa sudah ditetapkan sebagai daerah dengan cabang olahraga unggulan bulutangkis.

” Kami akan mendukung program tersebut, apalagi memang Kabupaten Gowa sudah ditetapkan sebagai daerah dengan cabang olahraga unggulan bulutangkis,” ujar Bupati Adnan.

Diakui Adnan juga bibit-bibit untuk olahraga bulutangkis di Kabupaten Gowa ini banyak. Hanya saja memang sarana dan prasarananya yang masih kurang. Diakuinya, Pemkab Gowa telah membuat perencanaan akan merenovasi GOR Sungguminasa yang menjadi sarana pembinaan para atlet bulutangkis selama ini.

Menurut Adnan, renovasi GOR tersebut sudah dianggarkan pada 2020 lalu, namun karena pandemi covid-19 sehingga anggaran tersebut dialihkan untuk penanganan covid-19 dulu.

” Sebenarnya kita sudah menganggarkan untuk merenovasi GOR Sungguminasa menjadi bertaraf nasional, hanya karena covid-19, sehingga seluruh anggaran untuk pembangunan fisik dialihkan untuk penanganan covid-19 dulu. Jadi termasuk anggaran untuk renovasi GOR ini terpaksa kita alihkan dulu ke penanganan covid-19,” kata Adnan.

Adnan pun berharap dengan adanya PPLPD di Kabupaten Gowa nantinya mampu mencetak atlet-atlet bulutangkis handal hingga ke tingkat nasional bahkan internasional.

Terpisah Ketua Umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Kabupaten Gowa HM Natsir Maudu yang dimintai komentarnya, Senin siang mengatakan dengan dijadikannya Gowa oleh Dispora Sulsel sebagai pusat pendidikan atlet bulutangkis maka itu adalah hal sangat membanggakan bagi jajaran PBSI Gowa.

” Kita sama-sama tahu bahwa Gowa ini adalah gudang atlet bulutangkis. Saat ini kita di Gowa memiliki lima klub binaan PBSI Gowa diantaranya ICLI dan Gowata. Dari lima klub ini lalu kita jenjang dengan membuat pelatihan kabupaten atau Pelatkab. Inilah yang dibina baik oleh beberapa tim pelatih naungan PBSI yang bermarkas di GOR Sungguminasa. Yang jelas kami bangga terpilih sebagai program PPLPD khusus bulutangkis, ” jelas HM Natsir Maudu. –

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Olahraga

Populer Minggu ini

Arsip

To Top