ikut bergabung

Mahasiswa MBKM UNM Eksplorasi Budaya di Ammatoa Kajang

Pendidikan

Mahasiswa MBKM UNM Eksplorasi Budaya di Ammatoa Kajang

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM- Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Inbound di Universitas Negeri Makassar dalam beberapa pekan terakhir telah mengeksplorasi budaya Sulawesi Selatan.

Sejumlah mahasiswa melakukan kunjungan ke beberapa komunitas adat, seperti Komunitas Adat Tanah Toa, Kajang, Bulukumba pekan lalu. Rangkaian kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Modul Nusantara sebagai bagian pertukaran mahasiswa.

Sebanyak 80 orang rombongan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia melihat kehidupan masyarakat adat Kajang dan pembuatan perahu Pinisi. Dalam kunjungan ke Desa Tanah Toa, para mahasiswa diterima secara langsung oleh Ammatoa selaku pemangku adat.

Ammatoa memaparkan perannya dalam menjaga relasi komunitas adat dengan sesama manusia, dengan alam, dan dengan Tuhan sebagaimana diamanatkan dalam pasang. Para mahasiswa sangat antusias menanyakan kehidupan masyarakat dan keunikan masyarakat adat. Sementara itu dalam kunjungan ke Arah, para mahasiswa diterima oleh kepada desa dan memperoleh penjelasan perihal pembuatan perahu.

Dr. Suardi, dosen pengampu Modul Nusantara mengemukakan kegiatan tersebut merupakan salah bentuk kegiatan pembelajaran untuk memahami keragaman budaya Indonesia.

“Negara kita ini kaya akan keragaman budaya. Kajang ini salah satu yang unik dan dikenal dengan kearifan lokalnya,” jelas dosen Fakultas Ilmu Pendidikan itu.

Sebagaimana diketahui, kegiatan Modul Nusantara merupakan kegiatan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar lintas budaya. Ada empat topik utama yang menjadi tujuan pembelajaran ini, yakni memahami kebhinekaan, memperoleh inspirasi dari berbagai tokoh, melakukan kontribusi sosial, dan merefleksi berbagai keragaman dan inspirasi.

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Pendidikan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top