ikut bergabung

Rauf Kr Kio Serahkan Peralatan Penyelamatan Bencana di Hari Relawan PMI

PENGHARGAAN. Ketua PMI Gowa sekaligus Wabup Gowa Abd Rauf Malaganni menyerahkan peralatan penyelamatan bencana dan penghargaan kepada Korps Sukarelawan Abd Latief yang telah mengabdi 35 tahun di PMI Gowa.(foto/sar)

Sulsel

Rauf Kr Kio Serahkan Peralatan Penyelamatan Bencana di Hari Relawan PMI

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ratusan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Gowa melakukan apel bersama memperingati Hari Relawan ke 15 yang digelar di halaman Markas PMI Cabang Gowa, Jl Manggarupi, Kelurahan Batangkaluku, Kecamatan Somba Opu Provinsi Sulsel, Minggu (26/12) pukul 09.00 Wita.

Apel bersama yang dipimpin Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni yang juga adalah Wakil Bupati Gowa ini berlangsung sederhana ditandai penyerahan sejumlah peralatan penyelamatan bencana berupa perahu karet, rompi pelampung, helm dan perlengkapan peralatan lainnya kepada perwakilan Satgas PMI Gowa.

Selain penyerahan peralatan penyelamatan bencana, Ketua PMI Gowa juga menyerahkan penghargaan kepada seorang Korps Sukarelawan PMI yang sudah mengabdi selama 35 tahun yakni Abd Latief dan penyerahan piala kepada para siswa SLB yang menjuarai berbagai kompetisi yang dilaksanakan oleh Internasional Federasi of Red Cross (IFRC) dan Palang Merah Indonesia bekerjasama dengan South Olimpic Indonesia (Soina) pada 3 Desember 2021. Yakni Terbaik I Peer Education Competition materi Kebersihan Diri, Terbaik
III Peer Education Competition Bidang Pengurangan Resiko Bencana, Terbaik VIII Peer Education Competition Bidang Kebersihan Diri, Terbaik IX Peer Education Competition Bidang Pengurangan Risiko Bencana.

Dalam Hari Relawan ke 15 ini, Ketua PMI Gowa Abd Rauf Malaganni didampingi Wakil Ketua Bidang PMR dan Relawan Muh Asrul dan Sekretaris PMI Gowa Mardhani meminta seluruh relawan agar selalu siap siaga dalam menghadapi musim penghujan saat ini.

” Potensi bencana saat ini tentu besar sehingga para relawan diharapkan selalu siap siaga dan cepat tanggap dalam kondisi apapun, ” kata Rauf dihadapan para relawan, KSR, staf markas, pengurus PMI Gowa.

Dikatakannya, saat ini para relawan berbangga lantaran pasca bencana tsunami 2004 silam, pemerintah RI menetapkan tanggal 26 Desember senagai Hari Relawan. Hal ini juga menjadi ketentuan internasional dimana 26 Desember ini ditetapkan pula sebagai Hari Relawan Internasional oleh Persatuan Bangsa-bangsa (PBB).

Dalam kesempatan itu juga, Rauf yang lebih popular disapa Karaeng Kio ini mengatakan hingga saat ini lembaga PMI di Gowa terus dikembangkan. Bukan hanya dari segi sumber daya manusianya tapi juga dari segi sarana prasarana (peralatan) termasuk membekali relawan dengan asuransi keselamatan jiwa selama bertugas.

” Hal ini sangatlah penting. Kita harus tahu bahwa para relawan itu setiap saat berhadapan dengan maut dalam setiap aktivitas penyelamatan bencana. Karena itu mereka patutlah mendapatkan penghargaan. Saat ini relawan kita di Gowa telah kita fasilitasi asuransi perlindungan keselamatan. Dan sebagai bentuk keseriusan kami mengembangkan PMI di Gowa, maka tahun depan PMI Gowa sudah punya markas permanen sendiri berlantai tiga. Insha Allah dalam waktu dekat kita akan menempati gedung markas baru itu, ” kata Rauf Kr Kio disambut gembira para relawan. –

Komentar Anda

Channel


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top