ikut bergabung

Bantuan Gubernur Rp20 Miliar untuk Infrastruktur Pariwisata Teletubies Toraja Ditender Tahun Ini

Ekonomi

Bantuan Gubernur Rp20 Miliar untuk Infrastruktur Pariwisata Teletubies Toraja Ditender Tahun Ini

MAKALE, UJUNGJARI.COM–, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung menegaskan bantuan keuangan Gubernur Sulsel Rp20 miliar untuk infrastruktur jalan ke destinasi obyek wisata (Obwis) Ollon akan Ditenderkan tahun ini.

Semula bantuan itu akan dikerjakan tahun 2021. Hanya saja karena persiapan desain dan perencanaannya agak telat, realisasinya pun tertunda.

Seperti diketahui bantuan keuangan diserahkan Plt Gubernur Juni 2021 lalu, di hari jadi Toraja ke-774 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-64 tahun 2021, di Gedung Tammuan Mali’ Makale.

Bantuan tersebut belum diterima Pemda Tana Toraja hingga deadline Desember 2021, sebab perencanaan belum siap.

“Kalau dipaksakan ditender sangat berisiko kepada rekanan, selain curah hujan tinggi, juga tidak selesai tepat waktu,” kata Theo.

Makanya, kata bupati Tana Toraja dua periode itu, lebih aman kalau ditunda, ia juga mengaku telah berkomunikasi dengan Plt Gubernur dan sudah memahami kondisi ini.

Theo menambahkan daerah lain yang menerima bantuan serupa proyeknya sudah jalan, boleh jadi perencanaanya sudah siap.

Namun Tana Toraja belum ada perencanaan, dan di tahun 2022 sudah siap tinggal ditenderkan dan langsung jalan.

Menurut Theo, Pemda Tana Toraja sangat respon bantuan Gubernur infrastruktur jalan dan prasarana lainnya obwis Ollon di Lembang Bau, kecamatan Bonggakaradeng.

Sebelumnya Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (ASS) di
hari jadi Toraja ke-774 dan HUT Kabupaten Tana Toraja ke-64 tahun 2021 lalu, di Gedung Tammuan Mali’ Makale, serahkan bantuan anggaran APBD Sulsel pembangunan infrastruktur kawasan Ollon senilai Rp20 miliar, sekaligus lounching dimulainya pembangunan infra struktur objek wisata (Obwis) Ollon.

Ide dan gagasan penataan kawasan wisata Ollon dimulai dari minum secangkir kopi bersama Bung Theo.

Wisata alam bukit sapana Teletabis Ollon memilik banyak spot dan menarik. Tahun 2021 ini Pemerintah Daerah kolaborasi Pemda Provinsi Sulsel mulai geliatkan pembangunannya.

Kasawan Ollon, kurang lebih 40 km dari Makale, sebuah Lembah hijau dan bukit berjajar membentuk pemandangan spektakuler membuat siapa saja ingin singgah.

Bahkan Plt Gubernur bersama Bupati Theo Allorerung, Wabup dr Zadrak Tombek, dan Forkopinda berwisata ke Ollon dan menginap menikmati keindahan panorama alam yang menakjubkan.

Meskipun mencapai lokasi Ollon harus melintasi jalan berlumpur, berliku, bahkan tikungan berbahaya, namun tidak menyiutkan nyali rombongan Plt Gubernur sebab di puncak atas sana ada kebahagiaan. (agus).

Komentar Anda


Berita lainnya Ekonomi

Populer Minggu ini

Arsip

To Top