ikut bergabung

137 TPS Disiapkan Saat Pilkades Serentak

Sulsel

137 TPS Disiapkan Saat Pilkades Serentak

BARRU, UJUNGJARI— Panitia Pemilihan Kepala Desa akan menyiapkan 137 tempat pemungutan suara( TPS) pada Pilkades yang digelar akhir Desember 2022. Setiap TPS bisa menampung 500 pemilih.

Pihak Dinas PMD,PPKB, PPPA sudah membentuk Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten dan saat ini beberapa desa juga telah membentuk Panitia Pilkades hingga ke tingkat desa.

Hal diakui Kadis PMD,PPKB,PPPA, Pemkab Barru, Jamaluddin dihadapan anggota Dewan saat berlangsung rapat dengar pendapat( RDP), Selasa(9/8) di ruang rapat Badan Musyawarah kantor DPRD Barru.

Menurut Jamal, untuk lebih efektifnya pelaksanaan Pilkades akan disiapkan 137 TPS untuk penyelenggaraan Pilkades pada 28 desa.

“Setiap desa penyelenggara Pilkades tidak sama jumlah TPS nya. Tergantung dari jumlah pemilihnya, sehingga ada desa yang nanti memiliki 7 TPS dan setiap TPS bisa menerima 500 pemilih,” ujar Jamal.

Jamal juga membeberkan jika pihak Instansinya telah melakukan sosialisasi Pilkades ke 28 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak.

Bahkan dalam waktu dekat, panitia Pilkades tingkat Kabupaten akan menggelar Bimtek untuk para KPPS.

Saat pihak DPRD melakukan RDP dengan Dinas PMD, PPKB, PPPA. Wakil Ketua DPRD Barru, AFK Majid mempertanyakan soal siapa nanti yang menjadi pengawas pada Pilkades serentak.

“Sebab satu-satu model Pemilu, dalam hal ini Pilkades yang tidak memiliki Badan Pengawas semacam Bawaslu. Pilkades serentak ini rentan dengan kepentingan dan rawan menciptakan potensi konflik, sehingga dibutuhkan lembaga pengawas,” kata AFK Majid.( Udi)



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top