ikut bergabung

Divif 3 Kostrad Tanam Ribuan Bibit Pohon, Libatkan Pelajar dan Masyarakat

TANAM. Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Dwi Darmadi saat menanam pohon di area kosong Divif 3 Kostrad Pakkatto bersama jajaran Pemkab Gowa, pelajar dan prajurit. (foto/sar)

Sulsel

Divif 3 Kostrad Tanam Ribuan Bibit Pohon, Libatkan Pelajar dan Masyarakat

GOWA, UJUNGJARI.COM — Divisi Infanteri 3 Kostrad melakukan penanaman serentak di empat wilayah naungan yakni Gowa, Makassar, Mqqaros, Timika dan Merauke. Untuk Gowa penanamannya terpusat di Pakkatto, Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu yang merupakan kawasan markas komando Divif 3 Kostrad, Rabu (12/10) pagi.

Area penanaman di Pakkatto seluas 4-6 hektare dengan jumlah bibit pohon buah sebanyak 3.000 bibit bibit yang ditanam antara lain pohon mangga. Penanaman ini digencarkan setiap hari hingga bibit tersedia habis tertanam.

Pangdivif 3 Kostrad Mayjen TNI Dwi Darmadi usai memimpin penanaman pohon di lahan produktif Divif 3 yang melibatkan puluhan pelajar dari gugus depan SMPN 3 Bontomarannu, masyarakat setempat serta mahasiswa KKN Unhas mengatakan penanaman pohon ini serentak dilakukan Kostrad di seluruh wilayah Indonesia. Untuk Divif 3 Kostrad meliputi Makassar, Gowa, Maros, Timika dan Merauke.

“Sesuai arahan Pangkostrad, kita semua di seluruh divif melakukan penanaman sevara serentak hari ini. Dengan menanam pohon ini tentunya akan menurunkan suhu suatu tempat, menciptakan keteduhan dan rasa nyaman. Pohon yang kami tanam juga adalah pohon buah sehingga nantinya bisa dikonsumsi prajurit di Kostrad ini, ” kata Mayjen TNI Dwi Darmadi didampingi istrinya Rina Dwi Darmadi yang juga Ketua Persit Divif 3 Kostrad.

Dijelaskan Mayjen Dwi Darmadi bahwa penanaman pohon ini didasari dari tiga masalah besar diantaranya adalah karena menguatkan ketahanan pangan dan persiapan menghadapi global warning.

Baca Juga :   Pimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional, Firmanza: Momen Mengingat Fungsi dan Tugas ASN

” Terkait ketahanan pangan maka kita lakukan penanaman pohon ini agar manfaatnya kedepan dapat dirasakan oleh generasi kita. Berikutnya adalah menghadapi global warning dimana gunung es sudah mencair dan kutub sudah bergeser sehingga kita perlu menanam pohon untuk antisipasi segala kondisi. Khusus di Pakkatto ini kita pilih bibit mangga dan pohon buah lainnya yang jika sudah berbuah nanti akan dikonsumsi oleh prajurit disini. Kalau di Timika dan Merauke dominan pilih pohon pinang sebab mereka konsumtif dengan buah ini. Jadi pohon yang kita tanam sesuai kondisi lokal. Semoga bibit yang kita tanam. Hari ini terawat baik dan bisa dinikmati hasilnya kemudian, ” papar Pangdivif 3 usai vicon dengan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Bibit yang ditanam ini tambah Pangdivif 3 adalah partisipasi dari Pemkab Gowa melalui Dinas Pertanian Hortikultura serta partisipasi Forkopimda maupun stakeholder lainnya.

dibaca : 35

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top