ikut bergabung

Besok, Ribuan Masyarakat Tanam Serentak 70.200 Pohon di Tonasa dan Gantarang

LOKASI. Jajaran Dinas LH Gowa telah menyiapkan lokasi penanaman serentak pohon di Gantarang dan Tonasa. (foto/ist)

Sulsel

Besok, Ribuan Masyarakat Tanam Serentak 70.200 Pohon di Tonasa dan Gantarang

GOWA, UJUNGJARI.COM — Sabtu besok (5/11/2022) mulai pukul 08.00 Wita ribuan masyarakat melakukan penanaman serentak 70.200 bibit pohon.

Penanaman ini dilakukan di dua titik lahan gundul masing-masing di Desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao dan Kelurahan Gantarang di Kecamatan Tinggimoncong. Penanaman ini akan melibatkan ribuan masyarakat berbagai kalangan termasuk jajaran pejabat Pemkab Gowa, pegawai ASN maupun honorer, pelajar, guru, organisasi, komunitas serta masyarakat biasa.

Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, Forkopimda, Sekretaris Kabupaten Gowa, PKK juga akan hadir. Bahkan untuk kegiatan penanaman ini akan dihadiri langsung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dna sejumlah pejabat lingkup Pemprov Sulsel.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa Azhari Azis kepada ujungjari.com, Jumat (4/11/2022) malam mengatakan, persiapan kegiatan penanaman pohon serentak ini telah dilakukan. Termasuk penyiapan lokasi tanam di dua desa kelurahan di dua kecamatan tersebut.

Dikatakan Azhari, pada penanaman serentak ini sebanyak 70.200 bibit pohon disiapkan. Kesemua bibit pohon ini disiapkan oleh Dinas LH Gowa serta bantuan bibit dari BPTH (Balai Pembibitan Tanaman Hutan) Sulsel.

“Jadi kegiatan penanaman pohon ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi Gowa ke 702 tahun ini yang merupakan komitmen besar Pemkab Gowa dalam melestarikan kondisi hutan yang sudah banyak yang gundul. Penanaman ini juga sebagai antisipasi pemerintah kabupaten menghadapi musim hujan yang sangat potensi menimbulkan bencana erosi, longsor dan lain-lain disebabkan sudah berkurangnya pohon-pohon pelindung yang berfungsi menyimpan air tanah. Insha Allah semoga besok cuaca cerah dan penanaman bisa dilakukan lancar dan tuntas, ” kata Kadis LH Gowa.

Baca Juga :   Hari Jadi Gowa ke 702 Akan Suguhkan Permainan Rakyat A'longga dan Asing

Secara detil Kabid Pencemaran Dinas LH Gowa Budi Wahyudin Rachman selaku penanggungjawab kegiatan tanam serentak ini saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa penanaman terbagi dua. Satu di Desa Tonasa (Tombolopao) dengan luasan tanam kurang lebih 33,5 hektare dan lokasi lainnya adalah di Kelurahan Gantarang (Tinggimoncong) dengan luasan penanaman 263 hektare.

“Luasan tanam total 296,5 hektare dengan jenis bibit pohon yang akan ditanam yakni suren, kayu Afrika, bitti, jabon, jati, mahoni, sengon dan akasia. Khusus di Gantarang itu adalah kawasan Tahura atau Taman Hutan Rakyat, ” kata Budi. –

dibaca : 24



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top