ikut bergabung

Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Budiman Hadiri Rakornas Kepala Daerah di Bogor

RAKORNAS. Bupati Lutim, Budiman dan sejumlah pimpinan daerah mengikuti rakornas kepala daerah di Sentul International Convention Center Bogor, Selasa (17/1). Foto; Ist

Berita

Dibuka Presiden Jokowi, Bupati Budiman Hadiri Rakornas Kepala Daerah di Bogor

BOGOR–Bupati Luwu Timur, H Budiman bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Luwu Timur menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 dalam rangka Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Sentul International Convention Center (ICC), Bogor, Selasa (17/01/2023), dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengatakan patut disyukuri bahwa inflasi kita terakhir 5,5 persen. Hari ini, di depan seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang hadir pada Rakornas Ia mengajak para kepala daerah dan Bank Indonesia untuk bekerja keras menangani inflasi ini.

“Para kepala daerah bersama-sama dengan Bank Indonesia saya minta terus memantau harga-harga barang dan jasa di lapangan sehingga sedini mungkin dapat mengantisipasi dan menyelesaikan sebelum ada kejadian besar,” pesan Jokowi.

Saat ini, lanjut mantan Wali Kota Solo ini, harga beras mengalami kenaikan yang tidak sedikit di 79 daerah, harga telur naik di 89 daerah, tomat naik di 82 daerah, dan daging ayam ras naik di 75 daerah.

“Tolong para Bupati, Wali Kota, dan Gubernur agar sering-sering masuk pasar, cek betul apakah data yang diberikan itu sesuai dengan fakta di lapangan. Harus cek langsung ke lapangan,” tegasnya.

Terakhir, Presiden RI meminta para kepala daerah berhati-hati menentukan tarif yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, misalnya tarif air dan angkutan. Penyesuaian tarif harus dihitung secara tepat karena berpotensi menaikkan tingkat inflasi di daerah tersebut.

Baca Juga :   Pembangunan Jalan Tol MNP Mulai Disosialisasikan ke Warga

“Untuk itu, kami mengajak seluruh Pemda untuk bekerja keras bersama dan jangan sampai keliru membuat kebijakan. Kebijakan harus berbasis data dan fakta di lapangan,” tandas Jokowi.

Bupati Luwu Timur, H. Budiman saat dikonfirmasi usai mengikuti acara mengaku akan menindaklanjuti apa yang menjadi arahan bapak Presiden RI di Rakornas.

“Arahan bapak Presiden tadi Insha Allah kami dari Pemerintah Kabupaten Luwu Timur akan menindaklanjutinya dengan bekerjasama bapak Kapolres, bapak Kajari, bapak Dandim dan stakeholders lainnya,” jelas Bupati Luwu Timur. (nca)

dibaca : 49



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top