ikut bergabung

Perempuan Harus Bisa Memanfaatkan Uang Semaksimal Mungkin

TALKSHOW. Suasana talkshow literasi keuangan bagi perempuan di Makassar, Kamis (16/3) lalu. (Foto: Ist)

Berita

Perempuan Harus Bisa Memanfaatkan Uang Semaksimal Mungkin

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Ruang Kolaborasi perempuan didukung oleh Women’s World Banking dan KemenPPPA mengadakan kegiatan pelatihan keuangan inklusif untuk kelompok perempuan di Makassar.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 16 Maret 2023 ini menghadirkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Bank Indonesia, dan OJK.

Pelatihan yang diikuti 50 perempuan dari berbagai kecamatan di Makassar merupakan salah satu dari rangkaian pelatihan keuangan inklusif yang telah dimulai sejak bulan Desember 2023 dengan menghadirkan narasumber dari akademisi, swasta, pelaku UMKM dan perbankan.

Ketua Ruang Kolaborasi Perempuan, Muthmainnah Bahri, mengawali diskusi dengan pemaparan tentang tantangan yang dihadapi perempuan dalam meningkatkan literasi keuangan.

Menurut dia, pengetahuan literasi keuangan bagi perempuan di era pemulihan ekonomi pasca pandemi merupakan hal penting untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.

“Rendahnya literasi keuangan pada perempuan salah satunya karena kurangya akses dan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan,. Perempuan, khusunya ibu rumah tangga seringkali tidak memiliki waktu belajar karena urusan domestik dan beban ganda dalam rumah tangga” ungkapnya.

Ia menambahkan perlunya sinergitas dan kolaborasi dari multipihak untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi keuangan untuk perempuan.

Sekertaris Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Hj. Aryani Aruji, SE MM, memberikan pemahaman bahwa perempuan memegang peranan penting dalam keluarga. Perempuan dengan literasi keuangan baik (well literate) akan mampu melihat uang dengan sudut pandang berbeda dan memiliki kendali untuk mengatur perekonomian keluarga dengan baik.

Baca Juga :   Dishub Sulsel Gandeng POM DAM Tertibkan Pak Ogah

“Perempuan harus bisa memanfaatkan uang semaksimal mungkin sehingga uang yang ada bisa menghasilkan. Selain itu, harus banyak mencari tahu, belajar dan lebih terampil untuk bisa memanfaatkan digital keuangan,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rafdy Hifdhurrahman, Analis KPW Bank Indonesia Sulsel. Dalam pemaparannya, ia menekankan pentingnya bijak dalam mengelola keuangan pribadi dan keluarga untuk masa depan yang sejahtera.

“Ibu-ibu harus mampu mengalokasikan anggaran keuangan keluarga. Dari sekarang perlu mengetahui posisi keuangan saat ini ,jumlah pemasukan , pengeluaran dan utang. Ini akan sangat membantu dalam menekan pengeluaran yang bersifat konsumtif karena semua uang sudah memiliki alokasi masing-masing,” ungkapnya.

dibaca : 80

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top