ikut bergabung

Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan

Ekonomi

Kementerian BUMN Nilai Transformasi Terminal Penumpang Pelindo Sudah Signifikan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menilai transformasi terminal penumpang kapal yang dilakukan Pelindo sudah sangat signifikan.

Hal itu diungkapkan Asisten Deputi Bidang Jasa dan Logistik Kementrian BUMN, Desty Arlaini saat melakukan kunjungan ke Terminal Penumpang Anging Mammiri sekaligus memantau langsung kedatangan kapal laut milik PT Pelni, KM Binaiya yang tiba dari Labuan Bajo dan sandar di Pelabuhan Makassar sekitar pukul 07.00 Wita, Jumat (7/4/2023).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, antara lain Direktur Pengelola Pelindo, Putut Sri Muljanto, Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, dan Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero), Yahya Kuncoro.

“Insya Allah kalau melihat kondisi [terminal penumpang Pelabuhan Makassar] seperti saat ini sudah sangat rapi, istilahnya transformasi terminal penumpang kapal ini kelihatan sudah signifikan. Ada improvement, dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu saat saya juga berkunjung ke terminal penumpang ini, ketika sedang dilakukan perbaikan untuk Ruang Tunggu Sementara (RTS),” jelas Desty.

Selama ini lanjut dia, mindset masyarakat tentang terminal penumpang untuk kapal tidak seperti bandara yang eksklusif. “Nah kalau seperti ini kan sudah, para penumpang kapal sudah mendapatkan pelayanan yang prima, disediakan fasilitas yang rapi, besar dan juga nyaman. Sehingga para penumpang menjadi lebih merasa dihormati dan merasa dihargai untuk naik kapal. Mudah-mudahan dengan [kondisi] begini, tidak ada lagi stigma negatif untuk kapal penumpang,” tuturnya.

Baca Juga :   Pelindo IV Raup Peningkatan Laba 12,62 Persen

“Alhamdulillah hampir semua terminal penumpang yang saya kunjungi sudah oke dan Pelindo improvement-nya secara umum sudah luar biasa, hebat,” tukasnya.

Standarisasi Terminal Penumpang

Sementara itu Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Putut Sri Muljanto mengatakan bahwa saat ini kalau berbicara tentang terminal penumpang di seluruh Indonesia, pasti melihat yang ada di Pelabuhan Makassar. Menurutnya, Direksi Pelindo memang memiliki program untuk melakukan perbaikan seluruh terminal penumpang yang dikelola perseroan.

“Mana yang harus investasi bangun terminal baru, mana yang hanya butuh pemeliharaan. Direksi Pelindo berkomitmen untuk melakukan standarisasi seluruh terminal penumpang di Indonesia, terutama di wilayah timur Indonesia. Setelah Pelindo merger, kami [direksi] bergegas melakukan perbaikan terminal penumpang secara bertahap, sebagai salah satu bentuk pelayanan Pelindo bagi masyarakat,” bebernya.

dibaca : 82

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Ekonomi


Populer Minggu ini

Arsip

To Top