ikut bergabung

Harkitnas 2023, Mentan SYL Dorong Semangat Penguatan Kinerja Sektor Pertanian

Berita

Harkitnas 2023, Mentan SYL Dorong Semangat Penguatan Kinerja Sektor Pertanian

JAKARTA,UJUNGJARI.COM– Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengajak seluruh jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) dan stakeholder untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023 sebagai momentum menjaga persatuan dan nasionalisme dalam peningkatan dan penguatan kinerja sektor pertanian. Untuk itu, kontribusi dan kinerja positif dari sektor pertanian dalam 3 tahun terakhir harus mampu dijaga bahkan ditingkatkan.

“Saya bersama Pak Wamen, bersama pejabat dan seluruh jajaran Kementerian Pertanian, hari ini memperingati Hari Kebangkita Nasional yang ke-115 dan ini menjadi momen untuk kita mengkonsolidasi nasionalisme kita, juga idealisme kita bahwa Bangsa besar ini hanya ada kalau rasa patriotisme, rasa nasionalisme kita terjaga dalam kesatuan dan kebersamaan,” kata Mentan SYL dalam arahannya pada upacara Peringatan Harkitnas di Kantor Pusat Kementan, Jakarta, Senin (22/5/23).

Ia mengingatkan jajaran Kementan bahwa tantangan sektor pertanian sangat beragam seperti tantangan alam dan tantangan geopolitik yang sedang berkontraksi secara global dan tantangan ini pasti akan mampu dihadapi dengan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi. Peringatan hari kebangkitan nasional bukan hanya sekadar peringatan berkala setiap tahunnya saja, namun menjadi semangat untuk memastikan ketersedian pangan yang aman dan cukup bagi kebutuhan nasional.

“Kebangkitan bangsa hanya bisa kuat kalau bangkitlah seluruh sumber daya alam yang ada lebih khusus makan kita dan harus kita yakinin bahwa bangsa besar ini sudah melalui ujian berat dalam 3 tahun belakangan ini dalam menghadapi Covid 19,” cetus SYL.

Baca Juga :   Gandeng Kodam Hasanuddin, Apindo Sulsel Siap Gelar Gebyar Ramadan

Lebih lanjut Mentan SYL menambahkan sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan, pembangunan dan perekonomian indonesia, di mana saat Covid 19 dan ekonomi Indonesia terkontraksi -2,07 persen, Sesuai data BPS, sektor pertanian tetap tumbuh positif di angka 1,77 persen dan tahun 2021 tumbuh 1,87 persen. Kemudian pada tahun 2022 tumbuh 2,25 persen dan memberikan kontribusi pada perekonomian nasional sebesar 12,40 persen. Disisi lain, sektor pertanian juga mampu menyerap 40,69 juta orang atau 29,36 persen tenaga kerja pada Februari 2023.

“Kau bisa apa tanpa makan, Saudara? Bisa apa tanpa pertanian tunjukkan saya data pertanian yang turun, kalian kira itu datang begitu saja? Tentu tidak. Pencapaian sektor pertanian sampai hari ini bisa ada karna kita semua bekerja dengan ilmi scientific, ilmu pengalaman atau lapangan dan ilmu doa,” ujarnya.

dibaca : 86

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top