ikut bergabung

Layanan Air Bersih Waempubbu Kembali Beroperasi

Sulsel

Layanan Air Bersih Waempubbu Kembali Beroperasi

BARRU, UJUNGJARI— Saat ini layanan air bersih Waempubbu di Dusun Ballewe Desa Binuang Kecamatan Balusu, kembali dioperasikan, Selasa (8/8). Bupati Barru Suardi Saleh meresmikan pengoperasian sarana air bersih tersebut.

Bupati Barru Suardi Saleh, menyampaikan terimakasih kepada Baznas yang telah membantu dan secara khusus mengapresiasi kepada Ketua Kelompok Waempubbu selaku pengelolah layanan yang punya semangat dan keteguhan hati tanpa kenal lelah sehingga layanan air bersih ini bisa kembali mengalir dengan normal.

Menurut Bupati, kebutuhan air bersih merupakan kebutuhan dasar. Oleh karenanya tolong layanan air bersih ini dijaga dan dimanfaatkan sebaik mungkin.

Suardi berharap kepada pengelola dan masyarakat penerima manfaat untuk menjaga agar air bersih terus mengalir kerumah warga. Ini bukan bisnis tapi layanan sosial sehingga butuh dukungan semua warga.

“Saya berharap layanan ini
dipelihara dan diberi pemahaman bagi penerima manfaat. Jangan telat membayar iuran dan semoga menjadi percontohan karena target kita 100% layanan air bersih sedangkan saat ini baru mencapai masih 65% ,” kata Suardi

Sebelumnya, Ketua Kelompok Pengelola Layanan Air Bersih Waemlubbu, Andi Mannahau memaparkan kilas balik keberadaan kelompok layanan air bersih tersebut yang dalam perjalanannya tertatih tatih.

Menurut Mannahawu, cukup banyak tantangan dan jalan berliku yang harus dilalui untuk tetap menghadirkan air bersih ditengah warga Ballewe yang dari tahun ketahun selalu diperhadapkan dengan sulitnya mendapatkan air bersih.

Bermodalkan mesin diesel, Pompaninasi Air dari sumber mata air waempubbu belum mampu mencukupi kebutuhan air bersih warga. Belum lagi biaya operasional tidak mampu ditutupi oleh iuran warga penerima manfaat yang dikumpul secara sukarela setiap bulan.

Sementara untuk beralih dari pompanisasi dengan mesin diesel ke elektrik PLN dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun berangkat dari keikhlasan dan keteguhan hati, akhirnya pihak Baznas dan Pemda Barru memberi dukungan dana dan proses peralihan dari sistem pompanisasi sistem diesel ke PLN dapat teratasi.

“Alhamdulillah,berkat keteguhan hati kita bersama, hari ini kita semua yang hadir akan menjadi saksi diresmikannya Layanan Air Bersih oleh Bapak Bupati Barru. Dan Insya Allah 114 warga penerima manfaat kembali akan menikmati air bersih,” ucap A. Mannahau.

Sedangkan Kepala Desa Binuang H. Andi Hendra AL. Palowongi mewakili warga masyarakat menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Basnas dan Bupati Barru atas kepeduliaanya terhadap kebutuhan warganya.

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top