ikut bergabung

ICMI Ajak Anies, Ganjar dan Prabowo Adu Gagasan Membangun Indonesia Timur

Foto: Int

Berita

ICMI Ajak Anies, Ganjar dan Prabowo Adu Gagasan Membangun Indonesia Timur

JAKARTA,UJUNGJARI.COM–Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) akan mengundang 3 (tiga) bakal calon presiden (Bacapres) kontestan pemilihan presiden 2024 mendatang yaitu Ganjar Pranowo, Anies Rasyid Baswedan dan Prabowo Subianto, guna mengadu gagasan mereka mengenai strategi membangun kawasan timur Indonesia, dalam diskusi “Dialog Cendekia” yang rencananya berlangsung bersamaan acara Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI 2023 di Makassar, Oktober mendatang.

“Kita ingin mendengar bagaimana visi, misi dan strategi mereka khususnya dalam membangun kawasan Timur Indonesia yang selama ini belum semaju kawasan Barat Indonesia . Kita ingin mendengar gagasan brilian Mas Anies, Mas Ganjar dan Mas Prabowo serta berdiskusi dimana mereka akan saling adu gagasan,” ujar Ketua Umum ICMI, Arif Satria di Jakarta, Selasa (29//8) dalam siaran persnya.

Menurut Arif, dalam acara dialog yang bertemakan “Membangun Indonesia Dari Timur” itu bakal dihadiri setidaknya 1.000 orang cendekiawan muslim yang mewakili pengurus ICMI seluruh Indonesia, serta para tokoh nasional. Dengan demikian diharapkan diskusi akan sangat produktif dengan ide dan gagasan cemerlang dalam membangun kawasan Timur Indonesia, jelas Arif.

“Mereka yang akan hadir adalah para pakar di bidang keilmuannya masing-masing. Singkatnya para pakar ‘Dunia-Akhirat’ akan turut berkontribusi aktif dalam diskusi tersebut. Karena itu, ICMI meminta agar ketiga Bacapres itu dapat hadir memenuhi undangan kita, agar kita dapat diyakinkan visi pembangunan yang mereka miliki” tegas Arif.

Baca Juga :   Theo:  RAPBD Tana Toraja  2023  Direncanakan Rp1,1 T

Menurutnya, dengan luasnya wilayah Indonesia timur terdiri dari lebih 9.000 pulau, 5.000 sungai lebih dari separuh dari luas wilayah daratan Indonesia sebesar 1,91 juta km2, dan luas wilayah perairan Indonesia 6,32 juta km2.

Akan banyak sektor unggulan lainnya yang potensinya sangat bagus menjadi modal pembangunan kawasan tersebut, termasuk juga dari sektor Agromaritim serta sektor pariwisata dan ekonomi kreatif punya peluang cukup bagus. Belum lagi potensi tambang dan kekayaan sumber daya alamnya dimana 10 dari 15 perusahaan tambang terbesar di Indonesia ada di wilayah timur Indonesia,” jelas Arif.

Berbagai potensi ekonomi sebagaimana dikemukakan tersebut menurut Arif, menegaskan betapa Indonesia bagian timur memiliki potensi yang besar untuk berperan sebagai fondasi pertumbuhan ekonomi nasional masa depan.

Ia juga mengungkapkan, sekiranya siapapun diantara ketiga bacapres tersebut yang terpilih menjadi pemimpin di Indonesia, sepantasnya harus terus membenahi dan meningkatkan kualitas infrastruktur dan SDM yang menunjang pengembangan dan keberlanjutan ekonomi dan industri di kawasan Indonesia bagian timur.

dibaca : 88

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top