ikut bergabung

Pj. Gubernur Sulsel Dorong Keberlanjutan dan Kemandirian Energi di Sulsel

Berita

Pj. Gubernur Sulsel Dorong Keberlanjutan dan Kemandirian Energi di Sulsel

“Sekarang harus jelas dalam merencanakan kesiapan energi listrik 5,10 sampai 20 tahun ke depan,” imbuhnya.

Ia sendiri mendorong kelistrikan merata di Sulsel, demikian juga hadirnya kawasan industri di setiap daerah terutama yang memiliki pantai. Ketersedian listrik akan memenuhi kebutuhan smelter serta produksi. Sehingga kegiatan perekonomian terus dapat berjalan.

“Tiga aspek penting yang berperan vital bagi suatu negara adalah energi, air, dan pangan. Siapa yang menguasai energi maka dia hebat,” ucapnya.

Baca Juga

Sedangkan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin, menyampaikan rasa terima kasih atas silaturahmi dan sinergi yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sulsel. “PLN selalu siap untuk bersinergi dan mendukung pengembangan ekonomi melalui pasokan listrik yang cukup di Provinsi Sulawesi Selatan,” kata Andy.

Andy juga mengapresiasi dukungan Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan yang berkomitmen untuk peningkatan rasio elektrifikasi. Dirinya mencatat hingga Juli 2023, realisasi rasio elektrifikasi di Sulselrabar mencapai 99,78 persen sedangkan rasio desa berlistrik telah mencapai 100 persen.

Tak hanya itu, sebagai bentuk nyata dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060, Andy menjelaskan per Agustus 2023 bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) pada Sistem Kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) telah mencapai 45,78 persen di atas dari rata-rata target nasional di tahun 2025, yaitu 23 persen.

Baca Juga :   Kepala Desa Se Sulsel Ikrar Netral di Pemilu dan Pilkada Serentak

Pada kesempatan yang sama pula, Andy menyerahkan buku Program Listrik Desa untuk satu tahun ke depan. “Tentunya silaturahmi ini menjadi bentuk dukungan bagi PLN untuk merealisasikan energi berkeadilan hingga ke pelosok Sulawesi Selatan,” pungkas Andy. (drw)

dibaca : 65

Laman: 1 2



Komentar Anda
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top