ikut bergabung

Dosen Magister Psikologi Sains UNM PKM Pelatihan Spiritual Teaching pada Guru-guru MAN 2 Polman

Berita

Dosen Magister Psikologi Sains UNM PKM Pelatihan Spiritual Teaching pada Guru-guru MAN 2 Polman

POLMAN,UJUNGJARI.COM--Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Magister Psikologi Sains Pascasarjana Universitas Negeri Makassar melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tahun 2023 pada kelompok guru-guru MAN 2 Polman Provinsi Sulawawesi Barat.

Tim PKM Psikologi Sains PPS UNM beranggotakan Dr H Ahmad, S.Ag, S.Psi., M.Si, Dr Muh Ahkam Alwi, S.Psi., M.Si., dan Ahmad Yasser Mansyur, S.Ag, S.Psi, M.Si, P.hD. Sebanyak 30 orang guru pada sekolah tersebut diberikan pelatihan spiritual teaching.

Menurut ketua tim Dr Ahmad pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada guru guru tentang spiritual teaching. Selain itu juga meningkatkan skill atau keterampilan spiritual teaching.

Ahmad menambahkan pembelajaran di sekolah dengan pendekatan spiritual teaching sangat urgent terutama dalam membangun karakter dan kepribadian individu siswa.

Ia mengatakan bagaimanapun dalam dunia Pendidikan tidak hanya peranan intelektual kognitif yang perlu dikembangkan tetapi selain ranah skill keterampilan juga ranah karakter dan kepribadian tidak kalah pentingnya untuk ditumbuh kembangkan.

Dalam pelatihan spiritual teaching ini diberikan beberapa materi konsep spiritual teaching, Langkah-langkah spiritual teaching dan aplikasi atau penerapannya dalam proses belajar mengajar.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, dari jam 8 pagi sampai 16.30 pada hari sabtu tanggal 12 Agustus 2023 .

Kegiatan spiritual teaching ini materinya terdiri atas teori dan praktek. Untuk praktek, guru atau peserta pelatihan dipersilahkan satu-persatu tampil dalam praktikum mengajar dengan pendekatan spiritual teaching.

Baca Juga :   Disaksikan Menteri PUPR, WR IV UNM Teken MoU dengan HATHI di Mataram

PKM spiritual teaching sangat diapresiasi oleh para guru dan Kepala Sekolah MAN 2 Polman, Budiman, S.Pd., M,Si. Menurutnya spiritual teaching yang didapatkan dapat memberikan keterampilan bagi para guru-guru sebagai modal keterampilan pengajaran yang nantinya dapat diterapkan di dalam kelas oleh setiap guru bidang studi.

Sementara itu Ketua LP2M Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Ir H Bakhrani A Rauf, MT mengatakan kegiatan PKM yang dijalankan adalah bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Menurut dia, dosen dituntuk untuk memenuhi Tri Darma Perguruan Tinggi di setiap tahunnya. (pap)

dibaca : 75



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top