ikut bergabung

Dandim Gowa Kerahkan Personel Gabungan Bersihkan Pasar Induk Minasa Maupa

BERSIH. Para personel gabungan saat melakukan pembersihan di kawasan pasar Induk Minasa Maupa.(foto/ist)

Sulsel

Dandim Gowa Kerahkan Personel Gabungan Bersihkan Pasar Induk Minasa Maupa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Ratusan personel gabungan terdiri dari anggota Kodim 1409, personel Polres, Satpol PP, jajaran pemerintah Kelurahan Tompobalang serta komunitas masyarakat berbaur melakukan aksi bersih di kawasan Pasar Induk Minasa Maupa, Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (7/12) pagi.

Aksi bersih ini dipimpin Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir bersama Kabag Log Polres Gowa Kompol Tamba Hamid, jajaran Dinas Perdagangan Perindustrian Gowa dan Camat Somba Opu Agussalim.

Aksi bersih sampah di kawasan pasar ini adalah karya bakti rutin yang digelar se jajaran Kodam XIV Hasanuddin dengan mengusung tema ‘Mencapai Indonesia Bersih, Sehat dan Hijau serta 6K di Hati Kita’.

Dandim 1409 Gowa Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir usai melepas para personel membersihkan di kawasan pasar mengatakan, kegiatan karya bakti ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan jajaran TNI bukan hanya pembersihan tapi juga penanaman pohon.

“Ini adalah kegiatan rutin namun serentak dilaksanakan di seluruh jajaran berkolaborasi dengan instansi terkait yakni dengan Kepolisian, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Perdagangan Perindustrian, Dinas Lingkungan Hidup dan Satpol PP. Khusus bersih-bersih kita fokuskan di pasar induk ini
dan untuk penghijauan itu kita lakukan penanaman pohon di wilayah Koramil 1409-04 Tinggimoncong,” kata Dandim.

Dikatakannya, target pembersihan ini dilakukan sebagai upaya TNI membantu pemerintah mengantisipasi banjir.

Baca Juga :   TNI dan Masyarakat Tanam Pohon di Hutan Pinus Malino

“Iya karena sudah mulai masuk musim penghujan maka rutinitas bersih-bersih kami laksanakan, baik sasaran pasar-pasar juga kanal-kanal dan saluran air. Ini upaya antisipasi kita. Sampah-sampah tentu banyak dihasilkan warga pasar. Jadi kita bantu dan turunkan ratusan personel gabungan ini. Ada unsur TNI, Polisi, Pemerintah serta masyarakat. Khusus untuk penanaman pohon kita fokus di wilayah Malino atau Tinggimoncong dengan jumlah bibit pohon sekira 500 batang,” tambah Letkol Inf Muhammad Isnaeni Natsir.

Terpisah, Kepala Pasar Induk Minasa Maupa Zainuddin Langke mengatakan, aktivitas pembersihan kawasan pasar ini sangat diapresiasinya. Diakuinya, produksi sampah di pasar setiap hari cukup besar. Dia pun menilai wajar karena memang pasar adalah tempat aktivitas jual beli kebutuhan sehari-hari masyarakat.

“Jadi memang wajar produksi sampah banyak. Warga pasar juga membersihkan jika telah selesai beraktivitas cuma terbatas. Mereka hanya bersihkan di sekitar lapaknya saja. Kami sangat berterimakasih atas sumbangsih para personel TNI, Kepolisian dna Pemerintah Kabupaten Gowa dalam aksi bersih ini, ” kata Zainuddin Langke. –

dibaca : 102



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top