ikut bergabung

Dukung Program PJ Gubernur Sulsel, Bupati Barru Siapkan Lahan 500 Hektar

Sulsel

Dukung Program PJ Gubernur Sulsel, Bupati Barru Siapkan Lahan 500 Hektar

BARRU, UJUNGJARI–.Program penanaman berbagai jenis tanaman bernilai ekonomi yang dicanangkan Pejabat Gubernur Sulsel diapresiasi oleh Bupati Barru Suardi Saleh.

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh.M.Si akui terobosan Pj. Gubernur Sulsel, Dr. Bahtiar berupa penanaman berbagai jenis bernilai ekonomi merupakan hal yang luar biasa dan tentu ini bisa mewujudkan kemandirian serta mendorong perekonomian di kabupaten Barru.

Hal itu disampaikan saat Gubernur Sulsel hadir dan melakukan pencanangan program penamanan tanaman produktif pisang Cavendish, di Ponpes DDI Mangkoso Kabupaten Barru, Rabu (27/12/2023).

“Pemerintah Kabupaten Barru mendukung penuh program yang dicanangkan Bapak Pj. Gubernur . Bersama Sekda Barru kami sudah mencari dan akan mencoba sekitar 500 ha Lahan di Kab.Barru baik yang belum ditanami dan sudah ditanami untuk mendukung program Bapak Gubernur,” ucap Bupati.

Suardi juga menyampaikan, bahwa Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI telah mengeluarkan 3.213 bidang (sekitar 2.200 Ha) kawasan hutan lindung untuk di kelola masyarakat. Semoga kedepan bisa dioptimalkan oleh masyarakat Kab. Barru dengan bantuan bibit yang sesuai.

” Alhamdulillah kemiskinan ekstrem turun mencapai 0,30 % terendah di Sulsel. Sementara Stunting di Kabupaten Barru sekarang ini sudah mendekati target nasional dari 26,40% turun menjadi 14,1 %. Penurunan itu berkat inovasi Ibu Ketua TP PKK Kab.Barru yaitu inovasi One Day One Egg yang tersturuktur dan berkat kerja keras, dan kerjasama semua pihak,” urai Suardi.

Kemudian dari sisi pengembangan Keagamaan, Bupati menjelaskan salah satu indikator yang mungkin kabupaten lain belum bisa mencapai dimana penduduk Kab. Barru hanya 193 ribu jiwa. Angka ini relatif kecil tetapi dalam hal pengumpulan zakat harta adalah terbesar di Sulsel.

Baca Juga :   Datangi Langsung Rumah Warga Perekaman E-KTP Cara Disdukcapil Pinrang Tingkatkan Pelayanan

“Tahun 2022, Alhamdulillah Baznas mengumpulkan zakat sebesar Rp. 23 Milyar dan Insya Allah Tahun 2024 kita targetkan Rp. 24 Milyar. Capaian ini tidak terlepas dari keteladan dan kepeloporan dari AG H. Fareid Wajedy karena beliau adalah Ketua Baznas pertama dan alhamdulillah sekarang bersedia menjadi Ketua Dewan Pembina Baznas Kabupaten Barru,” katanya.

Sementara Pj. Gubernur Sulsel Dr. Bahtiar Baharuddin diawal sambutannya mengapresiasi peran Ponpes DDI Mangkoso dan berintestimoni bahwa faktor utama pencapaian Baznas Kabupaten Barru karena didukung oleh masyarakat dan ulamanya.

Menurut Gubernur, Anre Gurutta (AG.) itu adalah jabatan sosial tertinggi di Sulsel untuk jenjang keagamaaan, dimana perkataan, perbuatan dan kepribadian secara sosial sudah teruji dan tidak semua ulama bisa mendapatkan gelar AG.

dibaca : 111

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top