ikut bergabung

Legislator Barru Siapkan Ranperda Inisiatif Pengelolaan Sampah

Lingkungan

Legislator Barru Siapkan Ranperda Inisiatif Pengelolaan Sampah

BARRU, UJUNGJARI— Pengelolaan sampah di kabupaten Barru bakal semakin baik karena saat ini pihak dewan sedang mempersiapkan rancangan peraturan daerah( Ranperda) tentang pengelolaan sampàh. Dalam rancangan ranperda ini, dewan tampil sebagai inisiator untuk mengusung hingga menjadi Perda Inisiatif.

Ranperda Inisiatif Pengelolaan sampah saat ini sudah diagendakan sebagai salah satu ranperda produk dewan pada periode 2024 bersama tiga ranperda Insiatif lainnya.

Rancangan Peraturan Daerah( Ranperda) Inisiatif Pengelolaan Sampah diakui Ketua Bapemperda DPRD Barru Andi Wawo Mannojengi yang dihubungi Selasa( 16/1/2024).

Dikatakan Politisi PPP ini. Selama ini pengelolaan sampah di Barru belum didukung oleh sebuah Perda, sehingga dengan adanya regulasi yang mengatur pengelolaan sampah bisa lebih baik lagi dan lebih profesional.

“Pengelolaan sampah tidak hanya dipahami mulai dari tempat pembuangan sementara (TPS) di rumah kemudian diangkut ke tempat pembuangan akhir( TPA). Tetapi idealnya ada proses pengelolaan yang lebih baik,” kata Andi Wawo.

Mulai dari proses pemisahan antara sampah organik dan non organik, kata mantan Wakil Ketua DPRD Barru ini. “Kemudian dilakukan proses daur ulang sehingga bisa bernilai ekonomi. Ranperda Pengelolaan Sampah ini kelak akan disahkan sebagai Perda dan menjadi pijakan hukum dan aturan dalam pengelolaan sampah,” ucapnya.( Udi)

Baca Juga :   DPMPTSP Gelar FGD Penyusunan Ranperda

dibaca : 54



Komentar Anda

Berita lainnya Lingkungan

Populer Minggu ini

Arsip

To Top