ikut bergabung

Profil Ichsan Ali Calon Rektor UNM Makassar Periode 2024-2028

Prof Dr Ir Ichsan Ali, MT

Berita

Profil Ichsan Ali Calon Rektor UNM Makassar Periode 2024-2028

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Universitas Negeri Makassar (UNM) akan memilih rektor baru pengganti Prof Dr Husain Syam yang akan mengakhiri masa jabatannhya, Mei 2024 mendatang. Salah satu figur yang bakal maju sebagai calon rektor adalah Prof Dr Ichsan Ali. Berikut profil singkat Prof Ichsan.

Ichsan Ali merupakan guru besar jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Pria kelahiran Ujungpandang, 18 Maret 1965 tersebut saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Perencanaan Universitas Negeri Makassar.

Sebelum menjadi wakil rektor, Ichsan telah melanglang buana sebagai pejabat struktural di kampus yang dahulu bernama IKIP Ujungpandang itu.

Mulai dari Ketua Program Studi D3 Teknik Sipil, Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Periode 2005–2013, Kepala UPT Kewirausahaan Fakultas Teknik, Periode 2013–2016, dan Kepala UPT Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar, Periode 2017–2020.

Selama mengabdi sebagai tenaga edukasi, Ichsa mengampu lima mata kuliah. Kelima mata kuliah itu adalah Kewirausahaan, Rekayasa Lingkungan, Konstruksi Jalan Raya, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Rekayasa Lalu Lintas.

Suami Ir Hj Syukria ini dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah dr Rayhani Ichsan, Lulu Afifah Ichsan, S.Ds, M.Ds, dan Naqiyah Zahra Ichsan.

Pendidikan dasar dan menengah semua ditempuh di Kota Makassar. Sekolah dasar di SD Muhammadiyah 3 Ujungpandang (1977), lalu SMP Negeri 7 Makassar (1981) hingga SMA Negeri 6 Makassar tahun 1984.

Baca Juga :   Sekprov Minta Bata, Pasir, dan Aspal Masuk di e-Catalog

Gelar sarjana dan magister diraih dari Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Makassar. Selanjutnya pendidikan doktoral diselesaikan konsentrasi lingkungan hidup diselesaikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar pada tahun 2014.

Ichsan Ali banyak melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang perencanaan dan lingkungan hidup. Di antaranya penelitian berjudul Identifikasi Potensi Kandungan Mineral dan Logam Menggunakan Resistivitas Meter (Geolistrik) di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ia juga pernah meneliti tentang Kontribusi Pendidikan Lingkungan Hidup (Environmental Education) Terhadap Sikap Dan Perilaku Ramah Lingkungan. Selain itu juga pernah meneliti Perilaku Pro-Lingkungan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) pada tahun 2020 dan Model Perilaku Pro-Enviromental Mahasiswa Di Universitas Negeri Makassar dengan Structural Equation Model (SEM) pada 2021.

dibaca : 5.368

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top