ikut bergabung

Geser PAN, Gerindra Berpeluang Jadi Pemenang Pemilu 2024 di Wajo

Politik

Geser PAN, Gerindra Berpeluang Jadi Pemenang Pemilu 2024 di Wajo

WAJO,UJUNGJARI.COM–Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menjadi pemenang dalam pemilu 2024 kali ini, Berdasarkan hasi perhitungan real count KPU hingga Jumat (22/2) malam ini, Gerindra unggul dengan perolehan 30.777 suara (20,34 persen).

Posisi kedua ditempati Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 20.735 suara (13,71 persen). Di bawahnya ada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 19.953 suara (13,19 persen).

Partai Golkar sendiri untuk sementara bertengger di posisi empat dengan membukukan 19.051 suara (12,59 persen).

Perolehan kursi di DPRD Wajo juga demikian. Berdasarkan real count sementara KPU, Gerindra berpotensi meraih delapan kursi dari enam daerah pemilihan (dapil) yang ada. Gerindra merebut dua kursi di dapil Wajo 6 dan Dapil Wajo 4.

Kursi terbanyak kedua diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 7 kursi. PKB berpoteni merebut dua kursi di Dapil Wajo 5.

Golkar dan Demokrat untuk sementara mengamankan masing-masing empat kursi. Kemudian Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 2 kursi, Nasdem 3 kursi, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2 kursi.

Partai Amanat Nasional yang pada pemilu 2019 menjadi pemenang di Wajo, kali ini hanya kebagian enam kursi.

Menariknya ada partai baru yang berhasil meraih kursi di DPRD Wajo. Parta itu adalah Partai Gelombang Rakyat Indonesia (PGRI). Partai ini meraih kursi di Dapil Wajo 2. Berdasarkan real count KPU, caleg PGRI yang berpotensi meraih kursi adalah Amran.

Baca Juga :   Golkar Makassar Show Of Force di HUT  ke-58

Pergeseran suara dan perubahan perolehan kursi parlemen masih memungkinkan terjadi. Sebab hingga kini data real count yang masuk di website KPU baru 129 dari 176 Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau 73.30 persen. (rud)

dibaca : 147



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top