ikut bergabung

Chromebook Ujian Sekolah Tingkat SMP di Sinjai Berbasis Digital

Berita

Chromebook Ujian Sekolah Tingkat SMP di Sinjai Berbasis Digital

SINJAI, UJUNGJARI.COM– Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan akan mengikuti Ujian Sekolah (US) yang merupakan salah satu penentu kelulusan.

Dari data yang disampaikan oleh dinas Pendidikan Sinjai, jumlah siswa SMP yang akan mengikuti ujian sekolah sebanyak 2.969 orang dari 44 satuan pendidikan baik negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Irwan Suaib saat ditemui di Ruang Kerjanya, Jumat (19/4/2024) mengatakan, pelaksanaan ujian sekolah tingkat SMP di Sinjai akan dilakukan secara serentak pada tanggal 22 hingga 27 April 2024.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi dengan seluruh satuan pendidikan agar pelaksanaan ujian sekolah di Sinjai dapat berlangsung lancar, aman dan tanpa kendala.

Terkait teknis pelaksanaannya, seluruh satuan pendidikan akan menerapkan ujian sekolah berbasis digital dengan menggunakan chromebook.

“Tahun ini kita lakukan berbeda dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu masih ada siswa yang ujian menggunakan android. Tahun ini kita upayakan seluruh siswa ujian gunakan chromebook, termasuk di SD yang ujiannya mulai tanggal 29 April 2024,” jelasnya.

Untuk mengatasi kekurangan cromebook di setiap sekolah, pihaknya sudah membahas hal ini dan solusinya adalah chromebook yang ada di satuan pendidikan sekolah dasar (SD) akan dipinjam untuk dipergunakaan di sekolah SMP yang masih kekurangan cromebook.

Baca Juga :   Ketua Komisi I DPRD Sinjai Pimpin Raker Dengan OPD Mitra Kerjanya

“Demikian juga untuk kendala jaringan internet sudah kita bicarakan bagaimana supaya tetap lancar dan jika ada sekolah yang sulit terjangkau jaringan internet bisa mengikut di sekolah terdekatnya. Kita juga sudah bersurat ke PLN agar tidak ada pemadaman saat pelaksanaan ujian,” bebernya.

Mantan Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai ini menambahkan, untuk menjaga kredibilitas hasil ujian, pihaknya akan menerapkan pengawasan sistem silang antar sekolah.

“Tidak hanya itu, para Pengawas dan Bidang di Disdik Sinjai juga akan turun melakukan pengawasan disetiap satuan pendididikan sehingga jika ada hambatan ditemukan bisa langsung dikoordinasikan ke Disdik Sinjai,” ucapnya.

dibaca : 12



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top