ikut bergabung

Jaga Kerukunan, FKUB Sulsel Gelar Dialog Bertajuk “NgopiRukun”

Prof Wahyudin Naro, Ketua FKUB Sulsel

Berita

Jaga Kerukunan, FKUB Sulsel Gelar Dialog Bertajuk “NgopiRukun”

MAKASSAR , UJUNGJARI.COM–Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi Selatan kembali akan menggelar Dialog, yang bertajuk “Ngobrol Perdamaian Indonesia untuk Kerukunan” (NgopiRukun), bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Pimpinan Majelis Agama Provinsi Sulsel.

NgopiRukun perdana akan dilaksanakan malam ini Jumat (19/04) Pukul 19.00 Wita bertempat di New World Cafe Jl Yusuf Dg Ngawing No. 1 Makassar.

Ketua FKUB Sulsel, Prof. DR. H. Wahyuddin Naro, M.Hum menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari sarana informasi untuk umat guna memberikan edukasi dalam menjaga perdamaian dan kerukunan umat beragama khususnya di Sulsel.

Terkait soal NgopiRukun, Wahyuddin Naro, menyebut dalam kegiatan dialog ini nantinya akan berkelanjutan.

“NgopiRukun ini merupakan inisiasi FKUB Sulsel, dan akan terus berlanjut, dengan berbagai topik pembahasan mulai dari soal kerukunan antar umat beragama, kerukunan antar etnis, budaya, kerukunan antar status sosial, generasi, hingga kerukunan antar bangsa”, jelas Prof Naro.

Ditambahkan, berbicara soal kerukunan, otomatis akan mengatur tentang toleransi, empati, suku budaya hingga perbedaan pendapat.

“Bicara kerukunan itu bahasannya pasti tentang toleransi, empati, suku budaya hingga adanya penyelesaian perbedaan pendapat”, terangnya.

“Diharapkan dengan Ngopirukun ini dapat menjalin kebersamaan antar umat beragama, menjunjung harmoni kehidupan, respek terhadap setiap kondisi, saling menghormati tanpa memandang status sosial, berkeadilan dan tentunya menjauhi segala perilaku diskriminatif” tambah Prof Naro.

Baca Juga :   Prof Naro Pribadi yang Gemar dengan Ide Cemerlang

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua FKUB Sulsel, Prof Muammar Bakry.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam menjaga kerukunan umat khususnya dalam masyarakat Sulawesi Selatan untuk mendapatkan informasi tentang kerukunan dan keberagamaan beragama di Sulawesi Selatan.

NgopiRukun bersama Kepala Kanwil Kemenag Sulsel dan Pimpinan Majelis Agama, yang dipastikan hadir yaitu, Ketua Umum MUI Sulsel, Ketua PGIW Sulselbar, Uskup Agung Makassar, Ketua PHDI Prov Sulsel, Ketua Walubi Prov Sulsel, Ketua Permabudhi Prov Sulsel, Ketua Matakin Prov Sulsel, hingga beberapa pejabat pemerintah lingkungan Kementerian Agama Prov Sulawesi Selatan.

Di antaranya Kabid Urais Kanwil Kemenag Sulsel, Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Sulsel, Pembimas Khatolik Kanwil Kemenag Sulsel, Pembiman Hindu Kanwil Kemenag Sulsel, Pembimas Budha Kanwil Kemenag Sulsel dan Penyelenggara Kristen Kemenag Kota Makassar.(Els)

dibaca : 43



Komentar Anda

Berita lainnya Berita


Populer Minggu ini

Arsip

To Top