ikut bergabung

Pemkab Gowa Agendakan Mahasantri Gelombang Kedua

RAKOR. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat hadir dalam Rakor Pendidikan yang berlangsung di Badung Bali. (foto/ist)

Sulsel

Pemkab Gowa Agendakan Mahasantri Gelombang Kedua

GOWA, UJUNGJARI.COM — Salah satu program pendidikan yang sampai saat ini dilanjutkan Pemkab Gowa adalah Program Pendidikan Gratis yang mulai dicanangkan pada masa kepemimpinan Bupati Gowa alm Ichsan Yasin Limpo.

Pendidikan Gratis digagas oleh almarhum Ichsan Yasin Limpo saat menjabat Bupati Gowa pada era 2005. Program ini tujuannya untuk menghapuskan beban biaya pendidikan.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, untuk mendukung program tersebut, maka pada 2008 lalu dibuatkan regulasi sebagai payung hukum, yaitu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pendidikan Gratis.

“Aturan itu membebaskan segala biaya pendidikan kepada siswa dan orangtua siswa dan pembiayaannya oleh pemerintah daerah mulai dari tingkat SD dan SMP. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dibutuhkan program pendidikan yang berkelanjutan. Pasalnya, kemajuan sektor pendidikan juga dianggap menjadi salah satu penentu terwujudnya masa depan suatu daerah, ” kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat membuka Rakor Bidang Pendidikan TA 2024 tingkat Kabupaten Gowa berlangsung di Fashion Hotel Legian, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jum’at (3/5).

Dikatakan Adnan, membangun suatu wilayah memang membutuhkan sebuah keberlanjutan program. Tanda-tanda keberhasilan itu bisa diraih kalau seluruh program yang telah direncanakan dapat dilanjutkan seperti program pendidikan.

Selain itu, tambahnya, aturan lainnya melalui Perda Nomor 10 Tahun 2009 tentang Wajib Belajar yang menjamin hak anak usia sekolah mendapatkan pendidikan.

Baca Juga :   Jokowi Minta Daerah Lebih Inovatif, Adnan Yakin Gowa Lebih Maju dengan Pembangunan Berkelanjutan

“Teori pemerintahan mengatakan bahwa kalau kita tidak mampu untuk menaikkan pendapatan masyarakat, maka kurangi pengeluarannya. Jadi dengan pendidikan gratis ini kita berusaha mengurangi pengeluaran masyarakat,” kata Adnan.

Bupati Adnan juga menyebutkan program pendidikan lainnya yaitu SKTB atau Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan. Dimana, program ini membimbing peserta didik dalam menuntaskan semua kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran secara berkelanjutan.

“Program ini telah memiliki regulasi yaitu Perda Nomor 10 Tahun 2013 tentang Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan. Dalam implementasinya, para siswa tidak mengenal tinggal kelas tapi tuntas atau belum tuntas, menggunakan sistem paket atau sistem kredit semester. Pemkab Gowa juga memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik di Kabupaten Gowa untuk berkuliah di beberapa kampus terbaik di Sulsel. Program ini kami sebut Investasi SDM Seperempat Abad dari Gowa untuk Indonesia, ” paparnya.

dibaca : 88

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top