ikut bergabung

Ratusan Calon PPK Langsung Gugur Usai Tes CAT, KPU Lakukan Keterbukaan dan Akuntabilitas Rekrutmen

TES. Suasana tes CAT calon PPK Pilkada Gowa yang berlangsung di SMKN 4 Gowa di Pallangga. (foto/ist)

Politik

Ratusan Calon PPK Langsung Gugur Usai Tes CAT, KPU Lakukan Keterbukaan dan Akuntabilitas Rekrutmen

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tes CAT atau Computer Assisted Tets yang dilaksanakan KPU hari pertama, Senin (6/5) di SMKN 4 Gowa di Kecamatan Pallangga mulai berjalan untuk sesi pertama untuk dua agenda dua hari CAT.

Dalam pengamatan panitia pelaksana tes CAT yakni KPU Gowa, mendata sedikitnya 8 orang tidak hadir dalam ujian CAT hari pertama tersebut. Yakni pada sesi 1 tidak hadir 3 orang dan pada sesi 2 tidak hadir 5 orang peserta.

Ujian CAT ini diawasi langsung tim internal KPU Gowa serta Bawaslu dan pihak SMKN 4 Gowa.

Para peserta tes CAT langsung melihat hasil ujiannya. (foto/ist)

Kordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Gowa Suardi Mansing, Senin (6/5) mengatakan, ujian ini secara total diikuti 304 peserta dari 18 kecamatan. Namun pada ujian hari pertama dari dua hari ujian, ada beberapa orang tidak hadir.

“Tes CAT ini kan menggunakan komputer dan tesnya secara online. Naskah soalnya langsung dari KPU RI. naskah soalnya terkait kepemiluan yang meliputi teknis dan tata kerja, wawasan kebangsaan serta kemampuan dasar seperti logika dan lain-lain. Setelah ujian, peserta pun dapat langsung melihat hasil ujian mereka, ” jelas Suardi kepada ujungjari.com.

Untuk ujian hari kedua juga dibagi sesi yakni sesi 1,2,3. Jadi sesi-sesi ini adalah pembagian peserta sesuai asal kecamatannya. Besok itu (hari ini, Selasa, red) adalah hari kedua tes. Sama dengan tes hari pertama tes hari kedua juga peserta bisa langsung melihat hasilnya, ” jelas Suardi.

Baca Juga :   Visi Misi Lebih Jelas, Buhari Kahar Muzakkar Dukung Danny-Fatma

Dari pengumuman langsung ini, tambah Suardi sudah bisa diketahui berapa ratus orang pendaftar yang gugur. Dikatakan Suardi, oengumuman resmi hasil tes CAT dijadwal 9 Mei lusa, mengikuti tahapan rekrutmen, tapi hasilnya bisa langsung diketahui oleh peserta sebagai bentuk keterbukaan dan akuntabilitas KPU dalam penyelenggaraan.

“Untuk PPK ini kita hanya butuhkan 90 orang. Jadi karena satu kecamatan itu 5 PPK dan di Gowa ada 18 kecamatan maka jelas kita hanya butuh 90 orang petugas PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), ” katanya.

Dalam seleksi PPK ini kata Suardi dilakukan tiga tahapan yakni tahap administrasi, tahap ujian tertulis dan tahap wawancara.

“Mereka yang lulus dari tes ini akan berlanjut ke wawancara dari tes wawancara ini akan mengerucut jadi 90 orang. Sesuai agendanya, mereka yang lulus PPK akan diumumkan pada 15 Mei dan pelantikannya pada 16 Mei 2024 ini, ” kata Suardi lagi.-

dibaca : 154



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top