ikut bergabung

Ketua DPRD Kompak Bupati Barru Terima WTP ke 10

Sulsel

Ketua DPRD Kompak Bupati Barru Terima WTP ke 10

MAKASSAR,UJUNGJARI— Pemkab Barru ditahun 2024 kembali meraih hasil pemeriksaan keuangan dari Badan Pemeriksaan Keuangan( BPK) 2023 dengan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian( WTP). Dalam penerimaan hasil pemeriksaan ini, Ketua DPRD Barru Lukman,T kompak dengan Bupati Barru Suardi Saleh.

LHP dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian( WTP) yang diraih Pemkab Barru merupakan yang kesepuluh kalinya. Raihan WTP ke 10 ini diapresiasi Ketua DPRD atas pencapaian yang diperoleh Pemkab.

“Prestasi ini berkat dukungan DPRD secara kelembagaan dan kita berharap sebagai wakil rakyat agar raihan WTP bisa konsisten dan terus berlanjut. Hasil dari LHP 2023 itu akan diterima juga pihak DPRD bersama Pemkab Barru,” kata Lukman.

Dalam agenda penyerahan LHP WTP ini. Ketua DPRD Barru Lukman, T bersama Bupati Barru, Suardi Saleh menandatangani berita acara serah terima LHP, dihadapan Kepala BPK Perwakilan Makassar, DR. Amin Adab Bangun, SE, M.Si, AK, CA,CSFA, ACPA, CFrA, di Kantor Perwakilan BPK RI di Makassar, Senin (27/5/2024).

Kepala BPK Perwakilan Makassar, Amin Adab Bangun menyampaikan dasar pemeriksaan sebelum mengumumkan hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Tahun 2023, berupa Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“BPK bekerja dengan anggaran negara yang outputnya adalah LHP, yang diserahkan sesuai aturan ke Daerah, ada Empat hal mendasar yang diperiksa, yakni konsistensi kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah (SAP), kecukupan informasi dalam laporan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam penyusunan LKPD, dan efektifitas sistem pengendalian intern (SPI),” ucap Amin.

Baca Juga :   Soppeng Kembali Raih WTP

Amin juga menyebut bahwa Faktor yang mempengaruhi Opini adalah konsistensi sedangkan Opini yang berubah bagi Daerah dapat berdampak luas bagi penerimaan daerah dan hal lainnya.

“BPK memberikan Opini WTP kepada Kabupaten Barru, Wajar Tanpa Pengecualian, ini yang kesepuluh kali,” ujar Kepala BPK ini.

Mewakili Kabupaten/Kota yang hadir menerima LHP LKPD Se-Provinsi Sulsel Tahun 2023, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si, didaulat memberikan sambutan lalu memulai dengan menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada BPK yang telah konsisten membina dan memeriksa hasil kinerja Pemda.

“Terima kasih atas pembinaan dan hasil pemeriksaan BPK selama ini dan Opini WTP kali ini merupakan WTP kesepuluh bagi Barru dan jadi yang kedelapan sejak kami memimpin, Alhamdulillah, kami secara konsisten memanfaatkan hasil pemeriksaan Auditor BPK dari tahun ke tahun untuk memperbaiki administrasi, memperbaiki pengelolaan, dan transparansi keuangan termasuk dasar pertimbangan dalam pengambilan kebijakan,” ucap Bupati.

dibaca : 1.752

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top