ikut bergabung

Partai Nasdem Resmi Usung Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub Sulsel

Politik

Partai Nasdem Resmi Usung Andi Sudirman-Fatmawati di Pilgub Sulsel

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM–Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi resmi maju dalam pemilihan gubernur Sulsel, November mendatang.

DPW NasDem Sulawesi Selatan resmi menetapkan pasangan ini dalam rapat Pleno di Kantor DPW NasDem Sulsel, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Minggu (26/5/2024). Pleno dipimpin langsung Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu (RMS).

“Calon gubernur Andi Sudirman Sulaiman, wakil gubernur Fatmawati Rusdi,” kata RMS saat menyampaikan usulan paslon dalam rapat pleno.

RMS lalu meminta persetujuan seluruh kader yang hadir. Seluruh kader pun kompak menjawab setuju mengusulkan Sudirman-Fatma ke DPP NasDem untuk bertarung di Pilgub Sulsel.

“Setuju? Yang tidak angkat tangan?” tanya RSM dijawab sorakan setuju oleh kader.

“Satu kali lagi, setuju? ‘Setuju’. Siap bekerja karena untuk pemenangan? ‘Siap’,” seru kader menjawab pertanyaan RMS.

Rusdi menambahkan putusan DPW Nasdem Sulsel selanjutnya akan disampaikan ke DPP untuk menerbitkan surat keputusan penetapan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulsel.

Sudirman-Fatmawati merupakan paket cagub/cawagub yang pertama resmi terbentuk di Sulsel. Dukungan Nasdem sudah cukup mengusung paket ini tanpa berkoalisi dengan parpol lain. Pasalnya pada Pemilu 2024 ini, Nasdem menguasai 17 kursi di DPRD Sulsel.


Pengalaman Birokrasi

Andi Sudirman Sulaiman merupakan mantan Gubernur Sulsel periode 2018-2023. Sudirman dilantik menjadi Gubernur Sulsel pada 10 Maret 2022.

Semula adik Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman ini merupakan Wakil Gubernur mendampingi Prof Dr Nurdin Abdullah. Tetapi karena Nurdin Abdullah terjerat kasus korupsi, ia lalu ditunjuk menggantikan guru besar Universitas Hasanuddin itu.

Baca Juga :   Soal PT Vale Serahkan Bandara ke Pemprov, Pemuda Sulsel Apresiasi Capaian Andi Sudirman

Di Pilgub 2018, pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman diusung koalisi PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional, dan Partai Keadilan Sejahtera.

Bagaimana dengan Fatmawati? Istri Rusdi Masse ini juga memiliki pengalaman di pemerintahan. Ia pernah menjadi Wakil Walikota Makassar mendampingi Ramdhan Pomanto periode 2020-2025. Menjelang pemilu 2024, Ketua Kwarda Pramuka Makassar itu mundur dari jabatan wakil walikota karena memilih maju sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel I dari Partai Nasdem.

Fatmawati terpilih dan lolos ke Senayan. Di Dapil Sulsel I, selain Fatmawati, Nasdem juga mendudukkan Rudianto Lallo ke DPR RI. (pap)

dibaca : 295



Komentar Anda

Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top