ikut bergabung

Penerapan SPBE Gowa Raih Predikat Baik se Indonesia

ISTANA. Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan satu-satunya bupati di Indonesia timur yang diundang pada peluncuran GovTech dan SPBE Summit 2024 di Istana Negara.(foto/ist)

Nasional

Penerapan SPBE Gowa Raih Predikat Baik se Indonesia

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa kembali menoreh penghargaan dari Pemerintah Pusat. Penghargaan itu terkait penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Digital (SPBE) tahun 2023.

Dimana dalam SPBE tahun 2023 ini, Kabupaten Gowa meraih predikat Baik dari 83 kabupaten kota se Indonesia. Dan Kabupaten Gowa satu-satunya kabupaten di Indonesia timur yang meraih predikat Baik itu.

Dalam penerapannya, SPBE Kabupaten Gowa mengalami peningkatan signifikan hingga 98,53 persen dengan indeks 2.70 jika dibandingkan dengan tahun 2021 kemarin yakni dengan indeks 1.36.

Karena capaian ini, atas nama Pemkab Gowa, Bupati.Gowa Adnan Purichta Ichsan pun menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dengan predikat Daerah Terbaik pada kategori Peningkatan Indeks Signifikan.

Penghargaan ini diterima Adnan saat diundang menghadiri kegiatan SPBE Summit 2024 dan peluncuran Govtech Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/5) kemarin.

Di sela kegiatan itu, Adnan mengatakan Pemkab Gowa merupakan daerah yang cukup konsen dalam memberikan pelayanan publik berbasis digital, sehingga masyarakat yang ingin mengakses pelayanan dapat lebih mudah dan lebih cepat.

“Alhamdulillah hari ini kami menghadiri SPBE Summit sekaligus Peluncuran Govtech Indonesia yang dihadiri 83 bupati/walikota di Indonesia salah satunya Kabupaten Gowa diundang sebagai salah satu daerah di Indonesia yang mengalami peningkatan nilai signifikan dalam implementasi SPBE, bahkan menjadi satu-satunya bupati di Kawasan Indonesia Timur yang capaiannya diatas 98 persen,” kata Adnan.

Baca Juga :   Terima Rekomendasi LKPj 2023, Adnan Minta SKPD Perhatikan Koreksi DPRD

Dikatakan Adnan, Pemkab Gowa siap mendukung program apapun yang menjadi kebijakan pemerintah pusat. Salah satu program pemerintah yang diterapkan Pemkab Gowa adalah integrasi berbagai aplikasi dan layanan digital pemerintah ke dalam portal pelayanan publik dan portal administrasi pemerintahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui GovTech Indonesia ini atau Government Technology (GovTech) Indonesia yang diberi nama INA Digital.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni yang hadir mendampingi Bupati Gowa dalam SPBE Summit dna peluncuran Govtech ini mengatakan, nilai ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kemenpan RB tahun 2023 untuk mengukur perkembangan penerapan SPBE di Indonesia dengan menggunakan instrumen sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 59 tahun 2020 tentang Pemantauan dan Evaluasi SPBE.

dibaca : 77

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional


Populer Minggu ini

Arsip

To Top