ikut bergabung

Miliki Tiga Teori Kepemimpinan, Aktivis Pemuda dan Mahasiswa Sebut Karaeng Kio Layak Jadi Bupati Gowa

Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio. (foto/ist)

Politik

Miliki Tiga Teori Kepemimpinan, Aktivis Pemuda dan Mahasiswa Sebut Karaeng Kio Layak Jadi Bupati Gowa

GOWA, UJUNGJARI.COM — Pilkada Gowa yang akan dilaksanakan serentak bersama beberapa kabupaten kota di Sulsel tersisa tujuh bulan lagi.

Aroma bakal pesta demokrasi pemilihan pemimpin Gowa untuk periode 2024-2029 sudah sangat terasa. Apalagi telah muncul beberapa figur bakal calon dan sudah diiringi menjamurnya baliho, spanduk dan lainnya menyuarakan dan mempromosikan para bakal calon.

Salah satu figur yang disebutkan bakal maju ke kompetisi calon pemimpin Gowa itu adalah Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio. Figur satu ini tidak asing sebab saat ini duduk sebagai pemimpin Kabupaten Gowa. Posisinya sebagai Wakil Bupati Gowa dan sudah duduk sebagai wakil bupati mendampingi Adnan Purichta Ichsan selama dua periode dan masih menjabat saat ini.

Saat ini Abdul Rauf Malaganni yang lebih akrab disapa dengan sebutan Karaeng Kio ini pun telah mempertegas dirinya akan maju dalam kontestasi Pilkada Gowa. Penegasan akan maju inipun menepis asumsi publik yang menyebutkan bahwa Wakil Bupati Gowa ini tidak akan maju lagi.

Menurut sejumlah kalangan, kepemimpinan bukan sebatas teori tapi tercipta melalui proses dan melahirkan karakter sebab memimpin tidak bisa dipelajari begitu saja namun dibentuk melalui Proses.

Ada tiga teori kepemimpinan dikemukakan para ahli, diantaranya teori kepemimpinan genetis yaitu kemampuan/bakat yang didapat dari lahir, teori kemampuan sosial yaitu kemampuan bakat yang didapat melalui proses pembelajaran dan teori kepemimpinan ekologis yaitu kemampuan yang sudah didapat dari lahir dan diperkuat melalui proses pembelajaran.

Baca Juga :   Politisi Demokrat Wajib Menangkan Jagoan Partai

Dan menurut hemat salah satu aktivis mahasiswa di Gowa bahwa tiga teori tersebut dimiliki Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio tersebut.

Karaeng Kio (sapaan akrab Rauf, red) dijuluki Sang Birokrat sebab putra kedua Malaganni Daeng Bila Karaeng Manuju mengawali kariernya dari nol. Yakni beraela dari sebagai penyuluh pertanian lapangan (PPL) pada Dinas Perkebunan di Kabupaten Donggala (Sulteng) pada 1987-1999, kemudian menjadi penyuluh pertanian madya pada Departemen Pertanian 2001, lalu pindah ke kampung halaman di Gowa sebagai Lurah Lanna, Kecamatan Parangloe tahun 2001-2003.

Kemudian pada tahun 2003-2005 diangkat menjafi Sekretaris Kecamatan Manuju. Resmi dilantik jadi Camat Manuju pada tahun 2005-2007. Lalu masuk memangku jabatan struktural di Sekretariat Kabupaten Gowa pada tahun 2007-2009 sebagai Kabag Pemerintahan.

Pada tahun 2009-2015, Abdul Rauf Karaeng Kio kemudian dilantik sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD), kemudian 2015 menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra, kemudian pada 2016-2021 dan 2021 sampai sekarang menjabat Wakil Bupati Gowa (dua periode menjadi Wakil Bupati Gowa mendampingi Adnan Purichta Ichsan sebagai Bupati Gowa).

dibaca : 894

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik


Populer Minggu ini

Arsip

To Top