ikut bergabung

Dr Erni: Penimbangan Balita Deteksi Stunting Sejak Dini

Sulsel

Dr Erni: Penimbangan Balita Deteksi Stunting Sejak Dini

MAKALE, UJUNGJARI–Wakil Ketua TP PKK Tana Toraja, Dr Erni Yetti Riman, Senin (10)6) hadir di Posyandu balita yang diprakarsai Dinas Kesehatan di Palli, RT Kanan, Dusun Boyo, Lembang Ke’te Tinoreng, Mengkendek.

Sebanyak 48 balita ditimbang disertai pemberian makanan bubur bergizi. Demikian pula ibu hamil 4 orang jalani pemeriksaan.

Erni Yetti Riman mengharapkan, balita dan ibu hamil tidak hadir posyandu hari ini petugas Puskesmas, maupun Bhabinkantibmas, dan Babinsa hendaknya jemput bola sehingga data kondisi balita di wilayah ini valid dan mudah dideteksi jika terjadi sesuatu.

Kata Dr Erni, penimbangan balita penting mengawal dan memonitor tumbuh kembang anak hingga menjadi anak sehat, kuat dan cerdas. Saya mengajak para orang tua maupun ibu punya balita rutin ditimbang secara periodik.

Ini penting sebab jaga kesehatan anak sedari dini terjaga kondisi fisik dan kesehatannya akan menjadi generasi tangguh, tumbuh sehat dan kuat.

Penimbangan balita ini juga bagian dari strategi menekan angka stunting maupun kurang gizi kerap terjadi bagi warga berpenghasilan rendah atau orang tua belum memahami begitu pentingnya asupan gizi bagi tumbuh kembang anak, ujar Erni.

Erni desak jajaran Dinas Kesehatan Tana Toraja maupun Puskesmas terus mengawal penimbangan balita, bila perlu dilakukan inisiatif jemput bola.

Pasalnya penimbangan balita secara rutin gejala anak tidak sehat maupun gejala stunting dideteksi dari fisik maupun perkembangan berat badan.
Jika fisik berat badannya tidak ideal isyarat kondisi kesehatan anak kurang gizi, imbuh Erni.

Baca Juga :   Syaharuddin Alrif Bantu Pengidap Tumor di Sidrap

Ditambahkan Idawati Patintingan,  Subkor Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Kesehatan Tana Toraja, Gebyar Penimbangan balita massal untuk memonitor data anak baru lahir secara komprehensif.

Dan tak kalah menarik Pemkab Tana Toraja telah mengalokasikan anggaran untuk penambahan gizi maupu bantuan pangan, singkat Idawati . (agus)

dibaca : 306



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top