ikut bergabung

IPI Rilis Survei Pilgub Sulsel: Elektabilitas Sudirman-Fatma Tertinggi

Politik

IPI Rilis Survei Pilgub Sulsel: Elektabilitas Sudirman-Fatma Tertinggi

MAKASSAR,UJUNGJARI.COM — Lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI) merilis survei terbaru elektabilitas figur yang digadang-gadang bakal bertarung pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan, November mendatang.

Direktur IPI, Suwadi Idris mengatakan survei dilakukan 3-8 Juni 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1.440 orang. Margin of errornya 3,8 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Hasilnya, nama Andi Sudirman Sulaiman makin kokoh di puncak dengan perolehan suara 31,5 persen. Di urutan kedua dengan angka 14,7 persen ditempati Ilham Arif Sirajuddin. Ketiga Adnan Purichta Ichsan dengan 9,9 persen.

Selanjutnya Fatmawati Rusdi dengan angka 8,6 persen disusul Indra Putri Indriani dengan angka 8 persen.

Posisi keenam ditempati Danny Pomanto dengan 6,6 persen, Andi Iwan Darmawan Aras 5,4 persen, Taufan Pawe 4,2 persen dan Andi Bau Sawa Mappanyukki dengan angka 0,5 persen. Dalam survei ini responden yang tidak menjawab dan tidak tahu masih mencapai 10,6 persen.

Di samping survei elektabilitas perorangan IPI juga melakukan survei simulasi pasangan.

Dalam simulasi tiga pasang calon yang pertama, yakni paslon Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi unggul jauh dengan 49,7 persen. Kedua Danny Pomanto-Indah Putri Indriani dengan angka 19,9 persen. Ketiga paslon Ilham Arief Sirajuddin-Andi Bau Sawa Mappayukki memperoleh angka 19 persen. Tidak tahu dan tidak menjawab 11, 4 persen.

Baca Juga :   Plt Gubernur Sulsel Sebut Palopo Sentra Pembangunan Luwu Raya

Pada simulasi 3 pasang calon yang kedua, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi masih unggul telak dengan 47,2. Kemudian disusul Danny Pomanto-Indah Putri Indriani 19,3 persen. Dan paslon Andi Darmawan Aras-Adnan Purichta 16,4 persen. Responden yang tidak menjawab dan tidak tahu ada 17,1 persen.

Sedangkan dalam simulasi 2 pasangan calon, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi melejit dengan angka 56,5 persen, sedang Danny Pomanto-Indah Putri Indriani 25,2 persen. Responden yang tidak menjawab sebesar 18,3 persen.

Survei Pilgub Sebelumnya

Sebelumnya pada Mei lalu, bocoran hasil survei Saiful Mujani Research Centre (SMRC) juga menempatkan pasangan Andi Sudirman-Fatmawati unggul tipis dari pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Adnan Ichsan Yasin Limpo.

Berdasarkan simulasi tiga pasangan tersebut, Sudirman-Fatma meraih dukungan 31,9 persen, Ilham Arief Sirajuddin-Adnan Purichta Ichsan 31,2 persen, dan Danny Pomanto-Andi Iwan Darmawan Aras 9,7 persen. Sementara massa yang masih mengambang sebesar 27,2 persen.

dibaca : 616

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Politik


Populer Minggu ini

Arsip

To Top