ikut bergabung

Cerita Tanah Rempah Negeri Tanadoang

Sulsel

Cerita Tanah Rempah Negeri Tanadoang

SELAYAR, UJUNGJARI– Mimpi masyarakat Desa Bonea Timur akhirnya dapat terwujud jadi kenyataan, berkat hadirnya program TMMD Ke-120 Kodim 1415/Selayar yang dimulai sejak tanggal 8 Mei hingga 7 Juni 2024.

Kondisi Desa Bonea Timur Sebelum Pelaksanaan Program TMMD 120

Desa Bonea Timur terletak diatas Bukit dengan ketinggian 522 mdpl di bagian paling timur daratan Pulau Selayar. Memiliki sumber daya alam yang melimpah baik hasil bumi dan laut.

Kondisi alam yang subur dan strategis mampu produksi hasil pertanian dan perkebunan. Hal ini yang menjadikan penduduknya mayoritas berprofesi sebagai Petani, selebihnya sebagai Nelayan, Pedagang, Swasta dan Pegawai Negeri.

Desa Bonea Timur merupakan salah satu penghasilan rempah-rempah seperti Pala, Cengkeh, Kemiri dan Vanili terbaik sejak masa lampau, sehingga menjadikan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai target jalur perdagangan rempah di masa VOC. Hingga kini masyarakatnya masih eksis meneruskan budaya nenek moyangnya terdahulu.

Dibalik keindahan dan kekayaan alam yang melimpah itu, Desa Bonea Timur mengalami berbagai masalah, terutama dibidang pertanian dan perkebunan yang menjadi penggerak utama roda perekonomian masyarakatnya.
Permintaan pasar yang cepat dan tepat waktu, membuat para petani kewalahan untuk memenuhinya. Hal itu disebabkan karena keterbatasan akses jalan memadai dalam mengangkut hasil perkebunan mereka.

Bukan hanya itu, akses jalan menuju Ibukota Kecamatan Bontomanai yang sangat jauh, harus melewati beberapa desa sehingga memperlambat akses kesehatan, pendidikan, pemerintahan dan lainnya. Terlebih lagi menuju Ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar, Kota Benteng yang berjarak 24 kilometer dengan kondisi jalan berliku-liku yang menurun dan tanjakan tinggi.

Baca Juga :   Alumni Spensas 84 Gowa Seru-seruan di D'Bollo

Pelaksanaan Program TMMD ke 120

Dari berbagai program yang dihadapi masyarakat Desa Bonea Timur itulah yang ditetapkan sebagai sasaran pelaksanaan program TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar.

Dimana sebelumnya saya sebagai DanSatgas TMMD 120 telah melakukan survei ke delapan titik wilayah berbeda, namun kami menetapkan Desa Bonea Timur, Kecamatan Bontomanai sebagai tempat pelaksanaan program.

Pelaksanaan perogram ini dimulai setelah Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH menyatakan dibuka secara resmi dalam pagelaran upacara pembukaan TMMD ke 120 Kodim 1415 Selayar yang berlangsung di Lapangan Persada Putra Desa Bonea Timur pada Rabu 8 Mei 2024 lalu.

dibaca : 311

Laman: 1 2 3



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel


Populer Minggu ini

Arsip

To Top