ikut bergabung

Buntut Peretasan Data Nasional, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Pilih Mundur

Berita

Buntut Peretasan Data Nasional, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Pilih Mundur

JAKARTA,UJUNGJARI.COM--Gentlemen. Merasa bertanggung jawab atas peretasan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS), Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, mengajukan pengunduran diri.

Semuel merasa memiliki tanggung jawab dalam penyelesaian kasus peretasan PDNS 2. Karena itu, dia mengambil tanggung jawab moral dengan mengundurkan diri.

“Bagaimanapun juga, secara teknis adalah tanggung jawab saya sebagai dirjen pengampu secara teknis. Jadi saya mengambil tanggung jawab ini dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Ini masalah yang harusnya saya tangani dengan baik, itu adalah alasan,” kata Semuel di kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Semuel menjelaskan surat pengunduran diri itu sudah diajukan kepada Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi. Adapun pengganti dirinya akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Per tanggal 1 Juli kemarin, saya sudah mengajukan pengunduran diri saya secara lisan dan suratnya sudah saya serahkan kemarin kepada Menteri Kominfo. Ya nanti akan ditindaklanjuti segera,” ujarnya.

Semuel menjelaskan saat ini proses pemulihan PDNS 2 terus dilakukan. Dia juga menjelaskan kunci untuk membuka data yang diunggah Brain Cipher dapat digunakan di spesimen yang dimiliki oleh Kementerian Kominfo.

“Kami juga mendapatkan, tapi ini lagi dikerjakan dan kita coba di spesimen kita memang berhasil dibuka, tapi kita belum tahu karena kan yang dikunci banyak, itu lagi dikerjakan teman-teman teknis. Jangan tanyakan terlalu dalam, saya hanya tahu itunya saja,” jelasnya. (bs)

Baca Juga :   Presentasi di depan Dirjen Tata Ruang di Jakarta, Andi Sudirman Bahas Rencana RTRW Provinsi Sulsel

dibaca : 207



Komentar Anda

Berita lainnya Berita

Populer Minggu ini

Arsip

To Top