ikut bergabung

Jokowi Minta Daerah Lebih Inovatif, Adnan Yakin Gowa Lebih Maju dengan Pembangunan Berkelanjutan

BUKA. Presiden RI Joko Widodo saat membuka resmi Rakernas APKASI ke XVI di JCC. (foto/ist)

Nasional

Jokowi Minta Daerah Lebih Inovatif, Adnan Yakin Gowa Lebih Maju dengan Pembangunan Berkelanjutan

GOWA, UJUNGJARI.COM — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tantangan kehidupan ke depan akan semakin rumit dan kompleks. Karena itu, Presiden meminta pemerintah daerah lebih adaptif dan terus berinovasi dalam mengembangkan potensi daerah masing-masing.

Penegasan tersebut disampaikan Jokowi saat membuka resmi Rakernas XVI, APKASI Otonomi Expo 2024 serta APKASI Procurement Network 2024 di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/7).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, persaingan antar negara sekarang ini semakin ketat.

“Karena itu, potensi-potensi yang ada di daerah harus dikembangkan, baik dari sisi finansial, pangan, energi, industri, teknologi, maupun pariwisata,” pesan Presiden RI ini.

Adnan Purichta Ichsan selaku Sekjen APKASI saat memandu Rakernas XVI APKASI. (foto/ist)

Di tengah kegiatan Rakernas tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian ikut menitip pesan kepada kepala daerah untuk fokus pada kebijakan di bidang pendidikan, kesehatan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Kepala daerah harus berperan aktif dalam menghidupkan sektor swasta guna mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) karena beberapa daerah di Indonesia memiliki potensi alam yang besar dan tak kalah dengan sejumlah tempat wisata populer di dunia, seperti Maldives. Potensi inilah yang perlu ditangkap kepala daerah agar dapat meningkatkan PAD-nya,” jelas Tito.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan yang juga sebagai Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Seluruh Indonesia (APKASI) mengatakan Rakernas yang mengangkat tema ‘Sinergitas Pembangunan Berkelanjutan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Menuju Indonesia Maju’ ini dinilainya tepat dan baik.

Baca Juga :   Kunjungi ASAN Xidmat, Adnan Akan Adopsi Pola Pelayanan Publik Azerbaijan

“Dengan adanya sinergitas pembangunan keberlanjutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan maka yakin saja akan membawa daerah-daerah di Indonesia menjadi daerah yang lebih baik, lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera,” kata Adnan.

Dikatakan Adnan, dengan adanya sinergitas pembangunan keberlanjutan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dilakukan maka yakin saja akan membawa daerah-daerah di Indonesia menjadi daerah yang lebih baik, lebih maju dan masyarakatnya makin sejahtera..

Rakernas ini turut dihadiri sejumlah Menteri kabinet Indonesia Maju, Ketua APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan (Bupati Dharmasraya) serta Walikota Solo sekaligus Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka. –

dibaca : 763



Komentar Anda

Berita lainnya Nasional

Populer Minggu ini

Arsip

To Top