ikut bergabung

30 Peserta Siswa Mengenal Nusantara Sulsel Siap diberangkatkan ke Papua

TANDA PESERTA -- Penyematan secara simbolis tanda peserta SMN dari Provinsi Sulsel. Mereka yang berjumlah 30 orang akan menuju ke Provinsi Papua. Selanjutnya 32 siswa dari Papua akan datant ke Provinsi Sulsel. 

Pendidikan

30 Peserta Siswa Mengenal Nusantara Sulsel Siap diberangkatkan ke Papua

MAKASSAR,  UJUNGJARI.COM — Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melakukan kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Pada program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ (BHUN) tahun 2019 di Provinsi Sulawesi Selatan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mendapat kesempatan sebagai koordinator pelaksanan kegiatan (PIC).
Sementara PTPN XIV dan PT IKI sebagai BUMN pendamping pelaksana kegiatan (Co PIC) serta didukung PT Semen Tonasa selaku anak Usaha dari PT Semen Indonesia Group yang ada di Sulawesi Selatan. Kegiatan SMN ini bekerjasama Dinas Pendidikan, Kodim 1408/BS Makassar dan serta didukung pihak-pihak terkait di Provinsi Sulawesi Selatan.
Pembekalan SMN dilaksanakan, pada Rabu 14 Agustus 2019 di Hotel Pesonna, Jalan Mappanyukki Makassar. Turut hadir Abdul Mannan, Kepala Unit BUMN Hadir Untuk Negeri beserta jajarannya, dan Kepala Unit CSR  Semen Tonasa, Ilyas HM. Pembekalan ini dilaksanakan agar mereka bisa menyiapkan dan memahami kegiatan yang akan mereka ikuti selama sepekan di Provinsi Papua.
Koordinator kegiatan SMN di Sulawesi Selatan, Fachruddin, menguraikan, dari Sulawesi Selatan ada 30 peserta yang  akan dikirim ke Papua. ”Kami akan menerima kedatangan 32 peserta dari Papua untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan. Mereka akan menjalani serangkaian kegiatan selama 7 hari dengan materi yang diberikan adalah pembelajaran bela negara, Pusdiklat Kodim 1408/BS Makassar, mengikuti upacara HUT RI di Makassar, menginap di orangtua asuh, kunjungan destinasi wisata, sosial budaya, edukasi, enterpreneurship dan kunjungan ke BUMN (Semen Tonasa, PTPN XIV dan PT IKI),” terangnya.
Ditambahkan, SMN ini diawali dengan tahapan seleksi peserta yang dilaksanakan pada 25 Juni 2019. Akhirnya ditetapkan 24 peserta yang mewakili 24 kabupaten/kota di seluruh Sulawesi Selatan, ditambah 3 siswa diffabel, dan 2 guru teladan serta 1 orang utusan Dinas Pendidikan Sulsel.
Sementara itu, mewakili manajemen PT Semen Indonesia, Abdul Mannan menyampaikan, para siswa siswi adalah pilihan di antara ribuan siswa siswi yang ada di Sulawesi Selatan. ”Dalam kegiatan yang akan kalian ikuti nanti, kalian harus bisa menjaga diri, menjaga kesehatan dan makanan, menghormati dan menikmati apa yang ada di Papua. Dan yang penting, selalu bersyukur dan semangat mengikuti rangkaian acara yang sudah dibuat yang terbaik untuk kalian oleh panitia,’ kata Mannan memberi semangat.
Kepala Departemen CSR PT Semen Indonesia (Persero)Tbk, Edy Saraya,  menjelaskan, tujuan dari program SMN yaitu untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB. Dimana, Indonesia memiliki keberagaman agama, adat/budaya, bahasa, dan wisata. ”Lewat SMN ini, siswa Sulawesi Selatan  bisa belajar adat dan budaya yang ada di Papua. Begitu juga sebaliknya. Dan ini merupakan wujud nyata BUMN hadir di tengah masyarakat,” ucapnya.
Menurutnya, kegiatan yang diinisiasi kementerian BUMN, tidak hanya di Sulawesi Selatan, namun program ini juga berlaku di 34 provinsi seluruh Indonesia yang difasilitasi langsung BUMN lainya.
Lewat program ini, para peserta maupun pemangku kepentingan diharapkan memiliki pandangan yang baik dan sama tentang BUMN di seluruh Indonesia, yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung kepada masyarakat. (mir)

Komentar Anda

www.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa PPOB dll
Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Pendidikan

To Top