ikut bergabung

Praperadilan Puang La’lang Ditolak

Puang La'lang.

Sulsel

Praperadilan Puang La’lang Ditolak

GOWA, UJUNGJARI.COM — Gugatan praperadilan yang diajukan terdakwa Puang La’lang (penyebar aliran sesat Khalwatiah di Gowa) ternyata ditolak.

Penolakan itu disampaikan hakim tunggal PN Gowa Wahyudi Said, saat sidang Selasa (14/1/2020).

Hakim Wahyudi Said yang didampingi panitera pengganti Sudarmono menyampaikan penolakan gugatan praperadilan tersebut yang telah diajukan tim kuasa hukum Puang La’lang terhadap penyidikan Satuan Reskrim Polres Gowa.

Dalam sidang kali ini, kuasa hukum Puang La’lang yang berjumlah delapan orang hadir dalam sidang praperadilan tersebut. Selain kuasa hukum, hadir pula keluarga Puang La’lang serta sekira 100 orang pengikutnya. Sidang praperadilan ini sudah berjalan sejak 6 hingga 14 Januari 2020 dan dikawal 150 personil  Polres Gowa.

Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan di sela sidang mengatakan, kegiatan pengamanan proses praperadilan yang berlangsung sepekan tersebut dipimpin Kabag Ops Polres Gowa Kompol Tamba Hamid. Kendati dihadiri ratusan pengikut Puang La’lang namun suasana persidangan berlangsung aman dan kondusif.

“Prosedur penyidikan terhadap Puang La’lang ini dilakukan Satuan Reskrim Polres Gowa sesuai SOP (standar operasional pelayanan),” kata AKP Mangatas Tambunan.

Kasubag Humas Polres Gowa mengatakan, Polres Gowa menghormati gugatan praperadilan Puang La’lang dan adalah bentuk pengawasan terhadap kinerja Polisi.

“Praperadilan yang diajukan pihak PL tetap kita hormati sebagai bentuk pengawasan horizontal atas tindakan upaya paksa yang dikenakan terhadap tersangka selama ia berada dalam pemeriksaan penyidikan atau penuntutan dan agar benar- benar tindakan itu tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan Undang- undang,” kata AKP Mangatas Tambunan.(sari)

Komentar Anda

Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top