ikut bergabung

Satpol PP Gowa Sosialisasikan Fungsi Pedestrian 

Personil Satpol PP Gowa memberi arahan kepada para jukir agar tidak memberikan ruang parkir ke para pemilik kendaraan di atas pedestrian.

Sulsel

Satpol PP Gowa Sosialisasikan Fungsi Pedestrian 

GOWA, UJUNGJARI.COM — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan delapan kendaraan bermotor masing-masing empat mobil dan empat sepeda motor. Penertiban otu dilakukan Satpol PP Gowa di sepanjang pedestrian Jl Tumanurung, Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Selasa (21/1/2020) sore kemarin.

Penertiban itu dilakukan sebagai upaya strelisasi kendaraan di atas pelataran pedestrian yang fungsinya hanya untuk pejalan kaki.

” Karena fungsinya untuk pejalan kaki maka tidak boleh dijadikan tempat memarkir kendaraan,” kata Kasatpol PP Gowa Alimuddin Tiro saat dikonfirmasi media.

Alimuddin mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan patroli dan penertiban, terutama di area pedestrian yang baru dibangun.

Pihaknya juga masih terus melakukan pendekatan kepada para pemilik kendaraan yang ketahuan parkir di atas pedestrian dan pemilik toko.

Diakui Alimuddin bahwa Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan telah mempercantik Kota Sungguminasa dengan membangun pedestrian untuk pejalan kaki. Pedestrian ini bermula dari perbatasan Gowa–Makassar, Jl Sultan Hasanuddin, Jl Masjid Raya dan Jl Tumanurung.

“Sebenarnya kegiatan ini dilakukan agar masyarakat bisa menggunakan pedestrian sesuai peruntukan. Tidak sebagai tempat parkir,” katanya.

Untuk mengantisipasi ke depan, menurut Alimuddin, Pemkab Gowa sedang menggodok rancangan Perbup, terkait pelarangan dan sanksi bagi kendaraan yang parkir di area pedestrian.

“Sambil menunggu selesainya Perbup, kami terus mensosialisasikan larangan ini. Dan karena masih dalam tahap sosialisasi maka delapan kendaraan yang didapati parkir di atas pedestrian kami baru sebatas membina dan menyampaikan larangan parkir tersebut di atas pedestrian,” kata Alimuddin.

Dia mengakui, bersama timnya acapkali menemukan kendaraan yang parkir di atas pedestrian yang lagi-lagi harus diberi peringatan untuk tidak parkir. 

” Iya, mereka rata-rata ngaku tidak tahu bahwa dilarang kendaraan parkir diatas pedestrian walaupun sesaat. Dan mereka juga katakan hanya memarkir sejenak,” kata Kasatpol PP Gowa ini.

Dikatakannya, mulai Januari 2020 ini, sosialisasi bukan hanya dilakukan kepada pengguna kendaraan tapi juga kepada para pemilik ruko dan tukang parkir yang ada di sayap kiri kanan jalan di sepanjang pedestrian. (sari)

Komentar Anda

Baca Selengkapnya
Rekomendasi untuk anda ...
Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top