ikut bergabung

Guru Harus Kenali Muridnya, Kadisdik Maros Rutin Sambangi Sekolah-sekolah

Kadisdik Maros saat menyambangi salah satu SD di Maros.

Sulsel

Guru Harus Kenali Muridnya, Kadisdik Maros Rutin Sambangi Sekolah-sekolah

MAROS, UJUNGJARI.COM — Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros Muh Takdir ternyata punya cara tersendiri untuk menjalin hubungan emosional dengan para murid dan tenaga pengajar di seluruh sekolah yang ada di Maros.

Dana cara pendekatan yang dilakukan Takdir kepada setiap sekolah yang dikunjungi ini menjadi kesan yang sangat sulit dilupakan para peserta didik. 

Pasalnya, saat tiba di salah satu sekolah yang dikunjunginya, Selasa (28/1/2020), Takdir langsung menyapa murid-murid dengan gaya khas dan mengajak menjawab kuis. Siapa yang cepat menjawab maka murid itu berkesempatan dapat hadiah dari kadis berupa buku dan uang tunai.

Pemberian hadiah secara spontan ini menjadi motivasi para murid  untuk terus belajar dalam meningkatkan prestasinya.

Kepala Bidan Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Maros Andi Muis mengatakan semenjak kadisdik bertugas di Maros hampir seluruh sekolah yang ada di daerah terpencil telah dikunjunginya. 

Selain melihat kondisi sarana prasarana sekolah, kadis juga melakukan kominikasi dengan para peserta didik, sambil menguji daya ingat anak-anak tentang mata pelajarannya. 

” Setiap peserta didik yang berhasil menjawab dengan benar pertanyaan pasti diberikan hadiah langsung dari pak kadisdik,” ujarAndi Muis.

Dikatakan Andi Muis, upaya yang dilakukan Kadis Pendidikan untuk meningkatan mutu pendidikan menjadi motivasi para pelaku pendidikan mulai dari guru, kepala sekolah dan pengawas  telah dilibatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

” Seorang guru harus dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan siswanya di dalam kelas,” kata kadis ditirukan Andi Muis.

Ditambahkan Andi Muis, ada beberapa langkah yang dilakukan kadis untuk membangun hubungan yang harmonis antara guru dan murid diantaranya guru harus kenali murid satu persatu baik namanya, tempat tinggalnya dan karakternya.

Kemudian berikan mereka penghargaan atas apa yang mereka lakukan minimal dengan acungan jempol atau usapan lembut kepada peserta didik.

Lalu beri mereka kesempatan untuk mengungkapkan pendapat mereka tentang cara belajar yang mereka inginkan, jangan langsung menghakimi mereka jika melakukan kesalahan, cari informasi terlebih dahulu tentang masalah yang mereka hadapi.

” Hubungan yang harmonis antara guru dan murid akan membuat pembelajaran menjadi menyenangkan,” jelas Andi Muis. (askari)

Komentar Anda

Comments

Berita lainnya Sulsel

To Top