ikut bergabung

Pemerintah, Polisi dan Bhayangkari Bergerak Tanam Vetiver di Tompobulu

Kapolsek Tompobulu Iptu Hasbullah bersama para pengurus Bhayangkari Tompobulu dan aparat pemerintah Tompobulu dan aparat Pemkab Gowa disela penanaman vetiver.

Sulsel

Pemerintah, Polisi dan Bhayangkari Bergerak Tanam Vetiver di Tompobulu

GOWA, UJUNGJARI.COM — Aksi penanaman vetiver tanaman pencegah longsor berlangsung marak di Kecamatan Tompobulu. Sekira 2.700 warga secara gabungan terdiri dari personil TNI, Polri, aparat dan pegawai Pemerintah Kecamatan Tompobulu, tokoh masyarakat, tokoh agama, pramuka, kader PKK, Bhayangkari, komunitas perempuan, organisasi pemuda, para guru, pelajar dan masyarakat umum bersatu padu dan menanam vetiver secara menyebar di lima desa dan dua kelurahan. Penanaman bibit vetiver di Tompobulu ini dikoordinir Kabag Ekonomi Setkab Gowa Muh Irwan.

Kapolsek Tompobulu Iptu Hasbullah kepada ujungjari.com, Senin petang mengatakan, semangat yang diperlihatkan para warga dalam aksi menanam serentak tanaman pencegah longsor ini cukup dinamis.

” Tanaman ini mempunyai banyak manfaat antara lain dapat memperbaiki kualitas tanah dan air sehingga dapat mencegah tanah longsor, banjir dan erosi yang mana  dikenal juga dengan nama akar wangi, vetiver ditanaman di tebing-tebing tinggi yang berada disamping pemukiman penduduk untuk mengurangi tingkat pergerakan tanah” ujar kapolsek. 

Camat Tompobulu Zulfikar juga mengapresiasi kesolidan partisipasi masyarakat dalam kegiatan massal yang dilakukan Pemkab Gowa secara serentak di 11 kecamatan pada 71 desa/kelurahan termasuk di Tompobulu ini.

“Alhamdulillah semua lancar, penanaman pun telah tuntas dilakukan dua ribuan lebih masyarakat dari berbagai kalangan. Kita berharap vetiver yang baru kita tanam hari ini dapat tumbuh subur dan ekosistem kita terjaga khususnya kita berharap tidak ada lagi kejadian longsor di wilayah Tompobulu,” kata Zulfikar.

Penanaman bibit vetiver yang dilaksanakan di Tompobulu, terpusat dilakukan camat dan tripika di Lingkungan Campagaya, Kelurahan Malakaji, Kecamatan Tompobulu. Di Tompobulu luasan lahan tanam secara total 26 hektare dengan jumlah bibit 18 ribu batang. (sari)

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

To Top