ikut bergabung

115 KK di Barombong Terima BLT Desa 

Camat Gantarang Andi Uke Indah Permatasari menyerahkan simbolis dana BLT desa di Desa Barombong.

Sulsel

115 KK di Barombong Terima BLT Desa 

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Pemerintah Desa Barombong, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa. Penyaluran ini merupakan tahap awal dari tiga bulan ketentuan penerimaan BLT.

Khusus di Desa Barombong, sebanyak 115 kepala keluarga (KK) yang menerima. Bahkan Camat Gantarang didampingi aparat Desa Barombong telah menyerahkan secara simbolis dan disaksikan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para pendamping desa, Kamis (21/5/2020).

Dalam penyaluran BLT desa ini, Camat Gantarang Andi Uke Indah Permatasari mengatakan, dana BLT desa ini diterima warga penerima manfaat sebesar Rp 600 ribu. Penyerahan dana BLT desa ini dikucurkan masing-masing desa dalam upaya penanganan dampak covid-19 yang mendera masyarakat saat ini.

Berdasarkan pantauan di lokasi setiap penerima bantuan langsung menerima tunai Rp 600 ribu per KK dan diperlihatkan secara transparan sesuai jumlah uang yang diterimanya dan sesuai prosedur protokoler covid-19.  

Kepala Desa Barombong A Mahfud H Bennu mengatakan, dari kurang lebih 1.700 KK yang terdiri dari tiga dusun ini hanya 115 KK yang berhak menerima BLT desa tersebut.

Data ini, kata kades, berdasarkan hasil survei di lapangan yang didata oleh pendamping desa dan pendamping kecamatan serta didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“ Kemudian pendataan itu dilakukan  dengan melihat warga yang betul-betul miskin dan warga yang kurang mampu sesuai kategori. Saya juga melihat bahwa rata-rata penerima bantuan ini mereka yang terputus mata pencahariannya akibat dampak dari covid-19,” kata Mahfud.

Menurut Mahfud, penyaluran BLT desa ini akan dilakukan selama tiga bulan berturut-turut adapun penerima bantuan rata-rata kesehariannya adalah petani dan buruh harian lepas (buruh bangunan).

“Sementara warga yang sudah terdaftar namanya di program Kemensos berarti tidak didata lagi di penerimaan bantuan BLT desa ini,” kata Mahfud.

Camat Gantarang Andi Uke Indah Permatasari menambahkan, Desa Barombong adalah desa ke-16 yang menyalurkan BLT desa. Pihaknya terus melakukan koordinasi agar pencairan dan penyaluran dana sesuai dan tepat sasaran.

” Informasinya hari ini sisa dua desa yang menunggu untuk proses pencairan di kabupaten. Semoga sebelum lebaran,  18 desa yang ada di Gantarang bisa tuntas tersalurkan semuanya,” kata Andi Uke.-

Komentar Anda

Channel
Comments

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top