ikut bergabung

Terapkan 3M Efektif Cegah Penularan

Makassar

Terapkan 3M Efektif Cegah Penularan

MAKASSAR, UJUNGJARI.COM — Melaksanakan protokol kesehatan secara ketat di era pandemi covid-19 merupakan kewajiban bersama untuk meminimalisir penularan virus korona penyebab penyakit yang cukup meresahkan tersebut.

Berbagai cara dilakukan pemerintah agar warga bisa menaati dan melaksanakan protokol kesehatan tersebut dalam aktifitas sehari-hari. Mulai dari gencar melakukan sosialisasi, razia tempat umum, hingga memberi penindakan atau sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan.

Ada yang cukup menarik dilakukan pemerintah dalam melaksanakan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan.
Yakni menggaungkan ajakan ‘Ingat pesan ibu untuk gerakan 3 M, yakni memakai masker, membersihkan tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan (physical dan sosial distancing). Ajakan ini cukup menarik dan langsung menyentuh hingga ke hati.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, gerakan tersebut memang digaungkan mulai dari tingkat pusat hingga ke daerah. Ini dianggap cukup efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Memang dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan. Caranya? Salah satunya, ingat pesan ibu untuk gerakan 3M. Ini cukup sederhana pesannya, namun mudah dicerna dan diaktualisasikan masyarakat,” ungkapnya.

Dia mengatakan, jika menyebut kata-kata pesan ibu, orang pasti akan lebih cepat menerapkannya karena dalam keseharian, ibu merupakan orang terdekat dengan kita. Selain itu, tambah dia, ibu merupakan sumber dari semua energi dan tempat mendapatkan nasehat.

Baca Juga :   Gugus Tugas Sidrap Ikuti Rakor Virtual Bersama Panglima TNI dan Kapolri

Sebenarnya, gerakan 3M merupakan inti dari penerapan protokol kesehatan. Itemnya adalah memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, dan menjaga jarak (menjauhi kerumunan) atau physical dan social distancing.

“Tiga aktifitas itu merupakan komponen penting yang harus dilakukan untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan covid-19,” tandas Naisyah. (*)

dibaca : 24



Komentar Anda

Berita lainnya Makassar


Populer Minggu ini

Arsip

To Top