ikut bergabung

Elemen Pemuda Sidrap Gelar Dialog Interaktif Peringati Hari Sumpah Pemuda

Sulsel

Elemen Pemuda Sidrap Gelar Dialog Interaktif Peringati Hari Sumpah Pemuda

SIDRAP, UJUNGJARI.COM — Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sidenreng (UMS) Rappang Kabupaten Sidrap, menggelar Dialog Kepemudaan dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tahun 2020 oleh Pengurus Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM).

Dengan thema “Pemuda Sidrap Bersatu dan Bangkit” itu berlangsung di kampus UMS Rappang, Selasa (27/10/2020) yang diikuti 50 peserta dari beberapa OKP dan Organisasi Mahasiswa Eksternal dan Internal UMS diantaranya HMI, KOHATI, IMM, IPM, HIMPOSIP, HIMAP, PMII, dan Pemuda Pancasila.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Dr. H. Jamaluddin, S.Sos., M.Si selaku Rektor UMS Rappang dan di daulat Narasumber, Kabagops Polres Sidrap Kompol Soma Miharja, S.Sos, MM dan juga sebagai Narasumber.

Hadir pula pembicara yakni Ketua DPD KNPI Sidrap Abdul Jabbar A., S.IP., M.AP dan Aswagino Ambo Asse selaku moderator.

Rektor UMS Rappang Dr, H. Jamaluddin dalam materinya menjelaskan Peran Pemuda dalam Era Forthy Zero yaitu dapat menghadapi segala tantangan Di era saat ini.

Sebab, selagi masih muda, silakan menghabiskan waktu untuk mengalami kegagalan dan kesuksesan.

“Untuk menghadapi hal tersebut, kita dapat menerapkan Konsep Tapoji, yaitu tanam, petik, olah, jual dan investasi. Kita harus mempunyai jiwa enterpreneur apapun profesi kita, hal ini berguna untuk melatih kita bagaimana mengatur waktu,” paparnya.

Pihaknya berharap agar para pemuda selalu berpikir kritis. Seperti halnya aksi unjuk rasa penolakan UU Omnibus Law ataupun isi lainnya, pemuda jangan hanya ikut-ikutan saja tanpa dikaji terlebih dahulu. Baiknya kita semua mengkaji dulu apa saja poin-poin yang akan disuarakan, baru turun ke jalan.

Baca Juga :   Aswin Hotel Hadirkan A Tribute To NOAH

“Bukan hanya terpancing dengan narasi-narasi broadcast di media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan sebagainya,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Kabagops Polres Sidrap Kompol Soma Miharja dalam paparannya di kesempatan itu menjelaskan peringatan Hari Sumpah Pemuda, peran pemuda diharapkan sebagai pelopor kepatuhan hukum.

Dapat di lihat seperti beberapa kasus pelanggaran hukum yang tercatat di Kepolisian, mayoritas dilakukan oleh para pemuda. Dalam beberapa kesempatan pihaknya beberapa kali bertemu dengan pemuda pada momen aksi unjuk rasa.

“Alhamdulillah selama pihaknya berdinas di Kab. Sidrap tidak pernah menemukan adanya massa yang anarkis. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar apabila mahasiswa akan melakukan aksi unjuk rasa jangan anarkis, merusak dan mengganggu kamtibmas,” tegasnya.

dibaca : 5

Laman: 1 2



Komentar Anda

Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top