ikut bergabung

Lebih 2.505 Pendaki Sasar Bawakaraeng

Para pendaki terus mengalir masuk ke Lingkungan Lembanna, yang merupakan kampung di kaki gunung Bawakaraeng ini.(foto/ist)

Sulsel

Lebih 2.505 Pendaki Sasar Bawakaraeng

GOWA, UJUNGJARI.COM — Jelang hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020, ribuan pemuda tak bisa menahan diri untuk tidak melakukan peringatan hari bersejarah bagi pemuda itu di puncak gunung Bawakaraeng.

Terbukti, sehari sebelum hari sumpah pemuda ini, ribuan pemuda mengalir ke kawasan gunung tersebut.

Dari hasil registrasi pihak Polsek Tinggimoncong terhadap para pemuda yang menuju Lingkungan Lembanna, Kelurahan Pattapang, Kecamatan Tinggimoncong sebagai posko utama di kaki gunung Bawakaraeng ini, tercatat 1.961 orang pendaki yang masuk ke Lembanna.

Data tersebut diperoleh berdasarkan jumlah pendaki yang melakukan registrasi di Pos Register Hutan Pinus Lembanna.

“Hingga pukul 10.00 Wita tadi pagi, Selasa hari ini sejumlahnya 1.961 orang pendaki masuk ke Lembanna,” kata Kapolsek Tinggimoncong Iptu Hasan Fadhlyh saat dikonfirmasi.

Iptu Hasan merincikan, jumlah pendaki tersebut terbagi dalam tiga titik tujuan yakni yang menuju puncak Bawakaraeng sebanyak 945 orang, Ramma 588 orang, pinus Lembanna 428 orang.

” Jumlah pengunjung diperkirakan masih akan bertambah jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2020 besok. Situasi sampai saat ini aman terkendali sementara para pengunjung masih berdatangan dan personil pengaman tetap memantau,” tambah kapolsek.

Dalam kondisi mengawasi dna memantau para pendaki yang terus berdatangan, jajaran Polsek Tinggimoncong pun terus mengingatkan agar menerapkan protokol kesehatan selama berada di kawasan gunung Bawakaraeng.

Aparat gabungan TNI-Polri, pemerintah kecamatan dan relawan sudah melakukan pemeriksaan di tempat perkemahan Lembanna menjelang perayaan Sumpah Pemuda tersebut, sejak Senin kemarin mulainya para pendaki berdatangan.

Iptu Hasan juga mengatakan, pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jumlah pengunjung membludak sementara pandemi covid-19 masih melanda.

” Kita wajibkan penerapan protokol kesehatan kepada para pengunjung. Kita belajar dari perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan kemarin ketika pengunjung membludak. Kita tetap perketat pengawasan prokes tersebut,” kata Iptu Hasan.

Iptu Hasan telah melaksanakan apel bersama untuk pemberlakuan protokol kesehatan di tempat perkemahan lembanna.

Wakapolsek Tinggimoncong Iptu Herman Catur turun memimpin tugas pengamanan di pintu masuk menuju hutan pinus Lembanna.

Dikatakannya, tidak sedikit masyarakat diprediksi akan merayakan hari Sumpah Pemuda di hutan pinus Lembanna bahkan di puncak gunung Bawakaraeng. Karena itu TNI-Polri bersama relawan lainnya melaksanakan pengamanan.

” Kami baik itu dari kalangan Polri maupun TNI hingga relawan lainnya akan melaksanakan tugas pengamanan selama kurang lebih empat hari ke depan dan membagi tugas di beberapa titik yang sudah ditentukan. Kehadiran TNI-Polri bersama relawan di seputaran hutan pinus Lembanna untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif saat para pemuda membuat tenda untuk istrahat,” jelas wakapolsek.

Sementara itu berdasarkan informasi dari Pos Registrasi di posko Register Lembanna, hingga pukul 16.00 Wita Selasa sore tadi pendaki yang teregister bertambah menjadi 2.505 orang.

Secara detil rinciannya adalah 963 orang yang menuju puncak Bawakaraeng, menuju Ramma sebanyak 1.206 orang dan berkemah hanya di hutan pinus Lembanna hanya 336 orang. Dalam pantauan media ini, hingga jelang pukul 22.00 Wita malam ini, pengunjung ke Lembanna masih terus bertambah dan kondisi tetap aman terkendali.-

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top