ikut bergabung

Pemaparan Pamungkas HM21 Pukau Peserta Debat Pilkada Bulukumba

Politik

Pemaparan Pamungkas HM21 Pukau Peserta Debat Pilkada Bulukumba

BULUKUMBA, UJUNGJARI.COM — Debat kandidat Pilkada Bulukumba 2020 putaran pertama telah selesai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Jumat (6/11/2020) malam.

Debat yang dimulai pukul 19:30 WITA berlangsung di Ball Room hotel Gammara, kota Makassar berjalan lancar, aman dan tertib, meski sejumlah pendukung tetap mengawal masing-masing kandidat pasangan calonnya ke arena debat.

Debat pertama memang telah usai, namun hasil dari adu gagasan paslon Pilkada Bulukumba ini menuai banyak kesan dari masyarakat yang menyaksikan melalui layar kaca dan sosial media yang difasilitasi KPU.

Dari pantauan media di lokasi, sejak debat dimulai pada sesi pertama, pemaparan dan visi misi serta program hingga berlanjut pada pendalaman visi misi dengan pertanyaan yang telah dibuat panelis dan dibacakan moderator, Mardiana Rusli empat pasangan calon kontestan Pilkada Bulukumba selih bergantianti merespon pertanyaan tersebut.

Terlihat paslon nomor urut 1 Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking atau HM21 dan paslon nomor urut 2 Askar HL-Arum Spink (Bulukumba Asik) menguasai jalannya debat.

Mereka bahkan saaling memuji program satu sama lain. Suasana cari tampak pada kedua Paslon ini meski berasal dari peta goe politik yang sama, Barat dan Timur Bulukumba.

Pada sesi tanya jawab HM21 terlihat lebih bijak dan santun. Hanya mempertanyakan pendapat dari para paslon rivalnya soal program HM21 yakni BPJS kesehatan Gratis, yang langsung disambut pujian oleh paslon nomor 2.

“Program BPJS kesehatan gratis ini baik untuk masyarakat. Tentu kita support apapun program yang menyentuh langsung masyarakat,” ujar Askar HL menjawab pertanyaan paslon HM21 yang dibacakan Andi Murniayati Makking.

Merespon kembali hal itu, Andi Hamzah Pangki membeberkan, saat ini Bulukumba masih terdapat sekitar 30 ribu lebih jiwa yang tidak tercover BPJS kesehatan.

Olehnya ia berkomitmen, pada masa kepemimpinannya nanti jika terpilih, akan mewujudkan hal itu, hingga menggratiskan BPJS kelas 3.

“InsyaAllah, angka 30 ribu lebih jiwa ini di masa kepemimpinan HM21 jika diberikan amanah akan kita cover dan menggratiskannya. Karena kami tak ingin masyarakat yang berobat itu dipersulit,” kata Hamzah Pangki.

Banyak menarik perhatian hadirin peserta debat saat closing statement para kandidat.
Memulai pernyataannya kandidat nomor urut 4, Muchtar Ali Yusuf sendiri mengajak masyarakat Bulukumba yang menginginkan harapan baru untuk memilih nomor 4.

Kemudian paslon nomor urut 3, incumbent wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto yang berpasangan Andi Makssau meminta masyarakat memberikan kesempatan kepada paslon yang akrab disapa Kacamatanya ini untuk melanjutkan pengabdian.

Paslon nomor urut 2, Askar HL-Arum Spink juga mengajak masyarakat memilih nya jika mendambakan Bulukumba yang agamis dan asik melalui program mereka. Bahkan calon wakil Bupati, Arum Spink juga melontarkan statement yang sama seperti yang biasa diucapkan Hamzah Pangki. Ia juga mengaku siap mundur sebagai wakil Bupati jika ingkar dari programnya.

Terakhir, paslon nomor urut 1, Andi Hamzah Pangki-Andi Murniayati Makking memaparkan statementnya. Hamzah Pangki memulai dengan memperlihatkan selebaran yang berisikan 21 program. Selebaran itu merupakan program HM21 yang dikonsep Pakta Integritas ditandatangani HM21 diatas materai.

Hal itu membuat perserta hadirin debat terpukau, apalagi saat ia mengaku siap mundur sebagai Bupati jika tidak menjalankannya.

“21 program nyata kami tanda tangani diatas materai Pakta Integritas. InsyaAllah jika kami tidak melaksanakannya kami siap mundur dari pemerintahan. Ini adalah komitmen kami untuk membangun Bulukumba kedepan karena kami pasangan perwakilan laki-laki dan perempuan, representatif dari Barat dan Timur Bulukumba,” tegas Hamzah Pangki disambut gemuruh tepuk tangan.

Suasana tambah meriah saat calon wakil Bupati Bulukumba, Andi Murniyati Makking menutup debat dengan statement yang cukup singkat dengan pesan mendalam yang mengajak kaum perempuan memilih calon perempuan.

“HM21 Bulukumba Bangkit, Laki-laki tusuk perempuan, perempuan pilih nomor 1, Bahinea Mo (pilih perempuan, RED) perempuan bisa tonji,” tutup ketua partai Demokrat Bulukumba itu disambut gemuruh tepuk tangan hadirin debat dalam ruangan.  (*)

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Politik

Populer Minggu ini

Arsip

To Top