ikut bergabung

Managemen RSUD Syekh Yusuf Wajibkan Pengunjung dan Petugas Pakai Masker

MASKER. Saat masuk lingkup RSUD Syekh Yusuf Gowa, diwajibkan pakai masker. (foto/sar)

Sulsel

Managemen RSUD Syekh Yusuf Wajibkan Pengunjung dan Petugas Pakai Masker

GOWA, UJUNGJARI.COM — Tak bisa dipungkiri bahwa lingkungan rumah sakit adalah sarang dari berbagai virus dan kuman. Karena itu Managemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf Kabupaten Gowa mengingatkan para keluarga pasien, pengunjung hingga petugas rumah sakit agar tetap disiplin menerapkan Prokes (protokol kesehatan).

Penegasan ini dilakukan sebab masa pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) hingga kini masih terjadi. Sehingga warga yang beraktivitas di rumah sakit harus selalu meningkatkan kewaspadaannya.

Rumah sakit adalah tempat paling rentan dengan virus maupun bakteri sehingga merupakan sarana paling efektif dalam penyebaran virus penyakit apapun termasuk covid-19 ini.

Wakil Direktur Bidang Pelayanan Medik dr Magdalena Maya Khubani saat dimintai komentarnya oleh BKM di ruang kerjanya, Sabtu (7/11/2020) mengatakan, para pengunjung RSUD Syekh Yusuf memang tidak bisa abai terhadap penerapan Prokes di lingkungan rumah sakit.

” Untuk semua keluarga pasien yang datang ke RSUD Syekh Yusuf, baik itu pengantar maupun pembesuk harus disiplin diri nenggunakan Prokes. Karena namanya rumah sakit itu banyak virus dan kuman yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Karena itu kami imbau agar para pengunjung Poliklinik, atau pembesuk orang yang sakit, keluarga pasien terutama petugas di rumah sakit ini, agar tetap jaga diri masing-masing dengan tetap disiplin 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata dr Maya, sapaan akrabnya.

Dia juga mengingatkan, agar pengunjung tetap jaga jarak apalagi yang berada pada pelayanan rekam medik, apotek ataupun poliklinik yang sifatnya kerap antrian menunggu giliran.

” Atur jarak dari orang lain dan harus sering cuci tangan untuk hindari kontak fisik dengan orang lain, jangan bersentuhan tangan, sebab tangan kita ini paling rutin memegang mulut, hidung dan mata kita sendiri. Jadi badan kita ini harus selalu steril dari hinggapnya virus yang dibawa orang lain yang ada didekat kita sebab badan ini (tangan) adalah media penularan covid-19,” tambah dr Maya.

Terpisah  Pjs Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa dr Hasanuddin mengatakan, budaya menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menghindari bersentuhan fisik dengan orang lain termasuk keluarga sendiri maupun teman hingga orang yang tidak dikenal harus diterapkan.

” Jangan mengabaikan imbauan pemerintah untuk melakukan kebiasaan baru yakni bermasker, mencuci tangan atau bawa hand sanitizer kemana-mana dan tidak bersentuhan dengan orang lain. Ingat virus corona sangat berbahaya, jiak berhasil hinggap pada diri kita sementara imun tubuh kita drop maka sangat rentan tertular. Karena itu disiplinlah memakai masker,” tandas dr Hasanuddin yang juga adalah Kadis Kesehatan Gowa ini.-

Komentar Anda

Channel

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Berita lainnya Sulsel

Populer Minggu ini

Arsip

To Top